DESAIN MOBIL LISTRIK 2 PENUMPANG DENGAN MENGGUNAKAN TENAGA SOLAR PANEL

MUHAMMAD ABDURRAHMAN IHSAN, . (2023) DESAIN MOBIL LISTRIK 2 PENUMPANG DENGAN MENGGUNAKAN TENAGA SOLAR PANEL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (707kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Mobil listrik merupakan kendaraan yang ramah lingkungan dan mengurangi dampak dari emisi karbon. Pada mobil listrik ini terdapat kelemahan yaitu daya akan habis pada jarak tempuh tertentu. Di Negera Indonesia untuk pengisian daya mobil listrik masih jarang untuk di temukan sehingga di perlukan suatu inovasi dengan menggunakan solar panel sebagai cadangan pengisian daya tersebut. Pada penelitian ini bertujuan mendesain mobil listrik dengan 2 penumpang menggunakan solar panel, menghitung daya pada pada variasi kecepatan yang di tentukan dan Menghitung waktu pengisian solar panel pada mobil listrik ini. Penelitian ini di mulai dari studi literatur, Pembuatan desain 2D pada aplikasi AutoCAD, Pembuatan desain 3D menggunakan aplikasi SolidWorks. Pada Aplikasi solidworks di berikan kondisi batas dan melakukan simulasi flow simulation dengan kecepatan 30,50,60,80,95 dan 100 km/jam. Dari Hasil di simulasi tersebut, di dapatkan hasil berupa koefisien drag dan koefisien lift. Nilai koefisien drag atau koefisien hambat ialah 0,30. Desain tersebut layak ke tahap perhitungan daya dan perhitungan pengisian daya menggunakan solar panel, karena nilai koefisien hambat kurang dari 0,35 dan nilai koefisien angkat kurang 0,1. Daya pada mobil saat posisi mendatar nilai paling kecil pada kecepatan 30 km/jam yaitu 0,8698 kw lalu untuk nilai daya yang terbesar dengan posisi yang sama yaitu 19,6933 kw, Sedangkan untuk posisi saat mobil menanjak nilai daya yang kecil pada keceparan 30 km/jam yaitu 5,533615108 kw lalu untuk nilai daya yang terbesar dengan posisi yang sama yaitu 35,2391 kw ***** Electric cars are vehicles that are environmentally friendly and reduce the impact of carbon emissions. In this electric car there is a weakness, namely the power will run out at a certain distance. In Indonesia charging electric cars is still rare, so innovation is needed by using solar panels as charging reserves. This study aims to design an electric car with 2 passengers using solar panels, calculate the power at a specified speed variation and calculate the solar panel charging time in this electric car. This research starts from a literature study, making 2D designs in the AutoCAD application, making 3D designs using the SolidWorks application. In the solidworks application, boundary conditions are given and flow simulations are carried out at speeds of 30,50,60,80,95 and 100 km/hour. From the simulation results, the results are obtained in the form of drag coefficient and lift coefficient. The highest drag coefficient or drag coefficient is 0.308761 and the smallest lift coefficient or lift coefficient is 0.04743. The design is feasible for power calculation and charging calculation using solar panels, because the drag coefficient is less than 0.35 and the lift coefficient is less than 0.1. Power on the car when the horizontal position is the smallest value at a speed of 30 km/hour, namely 0.8698 kw, then for the largest power value with the same position, namely 19.6933 kW, while for the position when the car is climbing the power value is small at 30 km speed / hour, namely 5.533615108 kw, then for the largest power value in the same position, namely 35.2391 kw

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sirojuddin, M.T 2). Nugroho Gama Yoga, M.T
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi > Energi Listrik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 19116 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2023 01:39
Last Modified: 29 Aug 2023 01:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39963

Actions (login required)

View Item View Item