PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID “SUNAN” BERBASIS ADOBE ANIMATE MATERI SEJARAH ISLAM DI SMAN 31 JAKARTA

MUHAMMAD ILHAM RAMADHAN, . (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID “SUNAN” BERBASIS ADOBE ANIMATE MATERI SEJARAH ISLAM DI SMAN 31 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan sebuah media pembelajaran berbentuk aplikasi android bernama SUNAN pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Sejarah Perkembangan Islam untuk kelas X di SMAN 31 Jakarta. Tujuan dibuatnya media pembelajaran ini yaitu untuk memudahkan kegiatan proses pembelajaran bagi pendidik maupun peserta didik, dan diharapkan dengan adanya media pembelajaran SUNAN ini peserta didik lebih tertarik dan termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development yang dilakukan pada media pembelajaran SUNAN dalam materi Sejarah Perkembangan Islam untuk kelas X di SMAN 31 Jakarta. Desain model penelitian yang digunakan adalah metode ADDIE. Yakni ada 5 tahap pengembangan yaitu Tahap Analisis (Analysis), melakukan observasi dan studi dari pengamatan yang muncul dalam proses pembelajaran. Tahap Desain (Design), dalam tahap ini dilakukan pembuatan diagram alur (Flowchart) dan papan cerita (Story Board). Tahap Pengembangan (Development), dilakukan pengembangan pada media hingga siap untuk di validasi serta di ujicoba. Tahap implementasi (Implementation), peserta didik mengerjakan soal pada saat menggunakan media pembelajaran. Tahap Evaluasi (Evaluation), mengevaluasi hasil pada tahapan-tahapan yang telah dilalui serta melakukan revisi terhadap media. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa media pembelajaran SUNAN dikatakan baik dan tidak perlu adanya revisi, berdasar pada penilaian validasi dari para ahli dengan perolehan sebesar yaitu ahli media mendapatkan nilai 92%, ahli materi 90,67%, dan guru PAI sebesar 93,33%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran SUNAN masuk dalam kategori “Baik” serta layak untuk digunakan. Berdasarkan tabel distribusi frekuensi menunjukan bahwa siswa memperoleh nilai 95-100 yaitu sebanyak 14 siswa atau sebesar 53,8% dengan frekuensi terbanyak. dan rentang nilai yang paling sedikit diperoleh oleh siswa yaitu antara 81-87 sebanyak 0 siswa atau sebesar 0%. Dengan demikian setelah uji keterbacaan kepada siswa dapat dinyatakan media SUNAN layak meskipun ada beberapa revis dari pakar media dan materi. This research was conducted with the aim of developing a learning media in the form of an android application called SUNAN in the subject of Islamic Religious Education on the History of Islamic Development material for class X at SMAN 31 Jakarta. The purpose of making this learning media is to facilitate the learning process for educators and students, and it is hoped that with this SUNAN learning media students will be more interested and motivated in teaching and learning activities. This type of research is Research and Development conducted on SUNAN learning media in the material History of Islamic Development for class X at SMAN 31 Jakarta. The research model design used is the ADDIE method. That is, there are 5 stages of development, namely the Analysis Stage, making observations and studying the observations that arise in the learning process. Design stage, in this stage, flowcharts and story boards are made. The Development Stage, development is carried out on the media until it is ready for validation and testing. Implementation stage (Implementation), students work on questions when using learning media. The Evaluation Stage evaluates the results of the stages that have been passed and revises the media. Data collection techniques used consisted of interviews and questionnaires. The results of this study show that the SUNAN learning media is said to be good and does not need revision, based on validation assessments from experts with an acquisition of 92%, material experts 90.67%, and PAI teachers 93.33%. . So it can be concluded that the SUNAN learning media is included in the "Good" category and is suitable for use. Based on the frequency distribution table, it shows that students get scores of 95-100, namely 14 students or 53.8% with the highest frequency. and the range of values obtained by students is between 81-87 with 0 students or 0%. Thus, after the readability test on students, it can be stated that SUNAN media is feasible even though there are several revisions from media and material experts. Keywords: SUNAN Learning Media, Learning Outcomes, material on the History of Islamic Development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suci Nurpratiwi, M.Pd. 2). Firdaus Wajdi, S.Th.I., MA., PhD.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 19136 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:28
Last Modified: 28 Aug 2023 06:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39981

Actions (login required)

View Item View Item