PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS NEARPOD DAN QUIZIZZ PADA MATERI KONSEP MAGNET DAN FENOMENA RANGKAIAN KEMAGNETAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK

MUTIARA, . (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS NEARPOD DAN QUIZIZZ PADA MATERI KONSEP MAGNET DAN FENOMENA RANGKAIAN KEMAGNETAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER..pdf

Download (744kB)
[img] Text
BAB 1..pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB 2..pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3..pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4..pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5..pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (206kB)
[img] Text
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Nearpod Dan Quizizz Pada Materi Konsep Magnet Dan Fenomena Rangkaian Kemagnetan Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan pengaruh penggunaan media pembelajaran nearpod dan quizizz. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitan eksperimen dengan desain quasi eksperiment. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TITL dan X TPTU di SMK 5 Negeri Jakarta tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 70 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes 25 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis (uji wilcoxon signed test dan uji mann whitney) Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat di simpulkan bahwa. Penggunaan media pembelajaran berbasis nearpod dan quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep magnet dan fenomena rangkaian kemagnetan mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMK 5 Negeri Jakarta hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. 0.000 < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. berdasarkan hasil analisis data untuk mengetahui perbedaan hasil belajar terbukti terdapat perbedaan karena hasil uji menunjukkan Asymp.Sig (2-tailed) 0.000 < 0.05 maka Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya penggunaan media pembelajaran nearpod maupun quizizz terlihat perbedaan secara signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran nearpod dan quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMK ***** Research on the Influence of Nearpod and Quizizz-Based Learning Media on the Magnet Concept Material and the Phenomenon of Magnetic Circuits on Learning Outcomes of Basic Electrical and Electronics Subjects at SMK aims to determine the differences in learning outcomes and the influence of using nearpod and quizizz learning media. The research method used is an experimental research method with a quasiexperimental design. The sample in this study is grade X TITL and X TPTU students at SMK 5 Negeri Jakarta for the 2022/2023 academic year, totaling 70 students. The data collection technique used was observation and a test of 25 multiple-choice questions The data analysis techniques used are prerequisite analysis tests (normality and homogeneity tests) and hypothesis tests (Wilcoxon signed test and mann whitney test) Based on the results of data analysis and discussion, it can be concluded that. The use of nearpod and quizizz-based learning media affects student learning outcomes on the material of the concept of magnetism and the phenomenon of magnetic circuits in basic electrical and electronic subjects at SMK 5 Negeri Jakarta, this is evidenced by the value of Sig. 0.000 < 0.05, then H0 is rejected and Ha is accepted. based on the results of data analysis to determine the difference in learning outcomes, it is proven that there are differences because the test results show Asymp.Sig (2-tailed) 0.000 < 0.05 then Ha is accepted and H0 is rejected which means that the use of nearpod and quizizz learning media looks significantly different, it can be concluded that nearpod and quizizz learning media affect the learning outcomes of basic electrical and electronics subjects in SMK

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Soeprijanto, M.Pd. ; 2). Dr. Muksin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 19127 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2023 05:05
Last Modified: 29 Aug 2023 05:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40026

Actions (login required)

View Item View Item