PENGARUH E-KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM KELAS XI DI SMA NEGERI 45 JAKARTA

ANDIKA PURWINDIYANTO, . (2023) PENGARUH E-KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM KELAS XI DI SMA NEGERI 45 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajaran E-Komik terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI di SMA Negeri 45 Jakarta. Penelitian ini di lakukan di SMA Negeri 45 Jakarta selama satu bulan pada bulan Mei 2023. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian eksperimen dengan desain Group Pretest and Posttest Design yang menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Random Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran E-Komik dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan Powerpoint dalam proses pembelajaran. Data yang diperoleh berasal dari nilai pre-test dan post-test yang mengacu pada tingkatan pengetahuan kognitif taksonomi Bloom. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu uji instrumen, uji prasyarat analisis data, dan uji hipotesis. Berdasarkan dari hasil pengujian, instrumen dinyatakan valid dan reliabel, serta data dinyatakan terdistribusi normal dan homogen. Kemudian, Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, memperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar kognitif yang cukup signifikan dengan memperoleh nilai rata-rata menjadi 80,63 dari 70,00. Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 73,14 dari 68,19. Kesimpulan ini juga didukung dengan perolehan nilai Sig. pada uji hipotesis dengan uji t tidak berpasangan sebesar 0,018 yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dikarenakan nilai Sig. < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan E-Komik di SMA Negeri 45 Jakarta. Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Media Pembelajaran, , E-Komik , Siswa This research aims to determine the effect of the use of E-Comic learning media on the cognitive learning outcomes of class XI students at SMA Negeri 45 Jakarta. This research was conducted at SMA Negeri 45 Jakarta for one month in May 2023. This research was included in the experimental research with the Group Pretest and Posttest Design using a control class and an experimental class. The sampling technique in this study used the Random Sampling method. The sample used in this study was class XI IPS 3 as an experimental class that used E-Comic learning media and class XI IPS 4 as a control class that used Powerpoint in the learning process. The data obtained comes from pre-test and post-test values which refer to the level of cognitive knowledge of Bloom's taxonomy. The data analysis technique used in this study is instrument testing, data analysis prerequisite testing, and hypothesis testing. Based on the test results, the instrument was declared valid and reliable, and the data was declared normally distributed and homogeneous. Then, based on the results of hypothesis testing, the results show that there is an influence on the cognitive learning outcomes of students in the experimental class. The experimental class experienced a significant increase in cognitive learning outcomes by obtaining an average score of 80.63 from 70.00. Meanwhile, the control class obtained an average score of 73.14 out of 68.19. This conclusion is also supported by the acquisition of Sig. on the hypothesis test with an unpaired t test of 0.018 which states that H0 is rejected and Ha is accepted because of the Sig value. < 0.05. So it can be concluded that there is an increase in the average cognitive learning outcomes of students after using E-Comic at SMA Negeri 45 Jakarta. Keywords: Cognitive Learning Outcomes, Learning Media, E-Comics, Students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Asma Irma Setianingsih M.Si. 2). Sony Nugratama Hijrawadi, S.Pd., M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 18179 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:45
Last Modified: 29 Aug 2023 04:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40044

Actions (login required)

View Item View Item