PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PANGKAS RAMBUT TEKNIK GRADUASI PADA MATA KULIAH PANGKAS RAMBUT

DEBYAS KHALIFAH SADELLAS, . (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PANGKAS RAMBUT TEKNIK GRADUASI PADA MATA KULIAH PANGKAS RAMBUT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemilihan media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran dapat membantu proses penyerapan ilmu lebih maksimal. Di era yang serba teknologi pada jaman ini, penggunaan video pembelajaran merupakan salah satu perkembangan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakann sebuah video pembelajaran khususnya pada mata kuliah praktikum Pangkas Rambut. Metode yanng digunakan ndalam penelitian ini adalah metode riset dan pengembangan dengan menggunakan model Pengembangan ADDIE. Pada model pengembangan ADDIE terdapat 5 tahapan, yaitu: (1) Analisis; (2) Desain; (3) Pengembangan; (4) Implementasi; dan (5) Evaluasi. Pada tahap evaluasi peneliti membatasi penelitian hanya hingga tahap Uji Praktikalitas dengan menggunakan instrumen kuesioner yang dibagikan kepala ahli materi, ahli media, dan total 35 mahasiswa yang telah mempelajari materi Pangkas Rambut yaitu Pangkas Rambut dengan Teknik Graduasi Plus dengan Pola Diagonal ke Belakang untuk mengetahui kelayakan serta kepraktisan sebuah video pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukan persentase sebanyak 94% video pembelajaran dinyatakan valid oleh ahli materi, 98,6% video pembelajarann dinyatakan valid oleh ahli media, dan pada uji praktikalitas uji coba terbatas sebesar 98,1% dan uji coba lapangan sebesar 91,2% sehingga dinyatakan sangat praktis. Sehingga melalui uji kelayakan tersebut dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran pangkas rambut teknik graduasi plus dengan pola diagonal ke belakang sangat valid dan sangat praktik untuk digunakan sebagai media pembelajaran. ***** Choosing the right learning media in the learning process can help the process of absorbing knowledge more optimally. In this era of technology, the use of learning videos is one of the developments in the world of education. This study aims to determine the feasibility of a learning video, especially in the Barbershop practicum course. The method used in this research is the research and development method using the ADDIE Development model. In the ADDIE development model, there are 5 stages, namely: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; and (5) Evaluation. At the evaluation stage, researchers limited the research only to the Practicality Test stage using questionnaire instruments distributed by the head of material experts, media experts, and a total of 35 students who had studied the Barber material, namely Barbershop with Graduation Plus Technique with Diagonal Back Pattern to find out the feasibility and practicality of a learning video. The results of this study showed that 94% of learning videos were declared valid by material experts, 98.6% of learning videos were declared valid by media experts, and in practical trials limited trials of 98.1% and field test of 91.2% so that they were declared practical. So that through the feasibility test, it can be concluded that the learning video of the barbershop graduation technique plus with a diagonal pattern to the back is very valid and very practical to be used as a learning medium.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Titin Supiani, M.Pd. ; 2). Lilis Jubaedah, M.Kes.
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Tata Rias > Asesoris Pakaian
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 18903 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:56
Last Modified: 31 Aug 2023 04:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40050

Actions (login required)

View Item View Item