PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER DISERTAI QR-CODE DALAM PRAKTIK TATA RIAS WAJAH CIKATRI

KRISTANTI PATRIA ARI SUKMA, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER DISERTAI QR-CODE DALAM PRAKTIK TATA RIAS WAJAH CIKATRI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover .pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Poster yang disertai QR-Code dalam penelitian ini merupakan salah satu media pembelajaran berbasis digital yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar. Berdasarkan analisis kebutuhan dengan responden sebanyak 48 mahasiswa yang terdiri dari Angkatan 2018 dan 2019 yang sudah mengikuti mata kuliah Tata Rias Wajah, didapatkan hasil 98% mahasiswa membutuhkan sumber belajar lain yang lebih menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Poster pembelajaran yang layak digunakan untuk pembelajaran praktik Tata Rias Wajah Cikatri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4D. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket sebegai peneilaian validasi ahli materi dan ahli media serta uji praktikalitas mahasiswa, analisis data menggunakan persentase dengan kategori yang telah ditetapkan. Hasil validasi ahli materi sebesar 92,30% dengan kategori sangat layak dan untuk validasi ahli media sebesar 83,5% dengan kategori sangat layak. Hasil praktikalitas kelompok kecil didapatkan dari mahasiswa sebesar 100% dengan kategori sangat praktis, nilai praktikalitas kelompok besar didapatkan dai mahasiswa sebesar 87% dengan kategori sangat praktis. Dari perolehan hasil tersebut, maka Poster pembelajaran telah dinilai sangat layak dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar dikelas. ***** The poster accompanied by a QR-Code in this study is one of the digitalbased learning media that can be used as a learning resource. Based on a needs analysis with 48 student respondents consisting of Classes of 2018 and 2019 who have taken the Facial Makeup course, it was found that 98% of students needed other, more interesting learning resources. The purpose of this research is to produce learning posters that are suitable for learning about Cikatri's make-up practice. This research is a type of Research and Development (R&D) research that uses the 4D development model. The data collection instrument used in this study was a questionnaire as a validation assessment of material experts and media experts as well as student practicality tests, data analysis using percentages with predetermined categories. The results of the material expert validation were 92.30% in the very feasible category and for the media expert validation it was 83.5% in the very feasible category. The results of small group practicality were obtained from students by 100% in the very practical category, the practicality value of large groups was obtained from students by 87% in the very practical category. From the acquisition of these results, the learning posters have been considered very feasible and practical to use as teaching materials in class.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Aniesa Puspa Arum, M.Pd. ; 2). Dra. Lilis Jubaedah, M.Kes
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 18928 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2023 05:39
Last Modified: 29 Aug 2023 05:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40065

Actions (login required)

View Item View Item