PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMOGRAMAN DASAR PLC DENGAN MENGGUNAKAN BOOK CREATOR KELAS XI SMK STRADA 1 JAKARTA

BAIHAQI, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMOGRAMAN DASAR PLC DENGAN MENGGUNAKAN BOOK CREATOR KELAS XI SMK STRADA 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar merupakan sumber belajar yang digunakan pada saat pembelajaran, sehingga mempermudah penyampaian informasi materi pelajaran. Bahan ajar tidak hanya sebatas buku cetak saja, tetapi ada yang berbasis elektronik. Salah bahan ajar berbasis elektronik yang dapat digunakan adalah media pembelajaran dengan menggunakan Book Creator. Untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam mempelajari Pemograman Dasar PLC maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran Pemograman Dasar PLC dengan menggunakan Book Creator Kelas XI SMK Strada 1 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran Pemograman Dasar PLC dengan menggunakan Book Creator Kelas XI SMK Strada 1 Jakarta. (2) Menghasilkan kelayakan media pembelajaran Pemograman Dasar PLC dengan menggunakan Book Creator Kelas XI SMK Strada 1 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Dengan teknik dan pengumpulan data adalah berupa hasil wawancara kepada guru bidang mata pelajaran, observasi dan angket. Hasil data angket dari pakar (Expert Judgement), ahli materi serta uji coba lapangan yang dilakukan oleh peserta didik kelas XI TM1 SMK Strada 1 Jakarta. Pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdapat lima tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penilaian pakar (Expert Judgement) mendapatkan skor persentase 89,91% pada kategori “Sangat Layak”. Pada penilaian ahli materi mendapatkan skor persentase 96,67% pada kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya dilakukan tahap uji coba lapangan dengan melakukan uji perorangan (One to One) mendapatkan skor persentase 93,33% pada kategori “Sangat Layak”, sehingga media pembelajaran Pemograman Dasar PLC dengan menggunakan Book Creator secara keseluruhan sangat layak untuk digunakan oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. ***** Teaching materials are learning resources that are used during learning, thus facilitating the delivery of subject matter information. Teaching materials are not only limited to printed books, but some are electronic-based. One of the electronic-based teaching materials that can be used is learning media using the Book Creator. To meet the needs of students in learning PLC Basic Programming, it is necessary to develop PLC Basic Programming learning media using the Class XI Book Creator of SMK Strada 1 Jakarta. This study aims to (1) produce learning media for PLC Basic Programming using Book Creator Class XI at SMK Strada 1 Jakarta. (2) Producing the feasibility of PLC Basic Programming learning media using Book Creator Class XI at SMK Strada 1 Jakarta. This study uses the Research and Development (R&D) method and the development model used is the ADDIE model. With techniques and data collection is in the form of interviews with subject teachers, observations and questionnaires. Questionnaire data results from experts (Expert Judgment), material experts and field trials conducted by students of class XI TM1 SMK Strada 1 Jakarta. The development in this study uses the ADDIE model which consists of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The results of this study indicate that the expert judgement gets a percentage score of 89.91% in the "Very Eligible" category. In the material expert's assessment, a percentage score of 96.67% was obtained in the "Very Eligible" category. Furthermore, the field trial stage was carried out by conducting individual tests (One to One) to get a percentage score of 93.33% in the "Very Eligible" category, so that the learning media for PLC Basic Programming using the Book Creator as a whole is very feasible to be used by students in learning activities. learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Rusmono, M.Pd. ; 2). Dr. Arum Setyowati, M.T.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 19188 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2023 04:40
Last Modified: 01 Sep 2023 04:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40067

Actions (login required)

View Item View Item