DICKY FERNANDI, . (2023) MANAJEMEN REVITALISASI PENDIDIKAN VOKASI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 26 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (703kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (415kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (365kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen revitalisasi pendidikan vokasi di sekolah menengah kejuruan negeri 26 Jakarta. Sub fokus penelitian ini adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi revitalisasi pendidikan vokasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi: kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kehumasan, guru, dan peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan revitalisasi pendidikan vokasi dilakukan dengan melakukan rapat dan menganalisa terkait keperluan yang dibutuhkan serta melakukan kerja sama dengan pihak industri untuk merencanakan kurikulum, sarana dan prasarana, peningkatan kompetensi guru dan siswa, serta pelaksanaan praktik kerja lapangan. (2) Pengorganisasian revitalisasi pendidikan vokasi dilakukan dengan pembuatan tim dari masing-masing jurusan yang ditentukan oleh pihak manajemen sekolah. Dalam ini sekolah juga bekerja sama dengan piihak industri yang bertujuan untuk menjalin hubungan yang erat dengan pihak industri. (3) Pelaksanaan revitalisasi pendidikan vokasi dilakukan dengan menjalankan kurikulum sinkronisasi, mengirimkan guru untuk pembekalan pelatihan dari perusahaan industri dan mengadakan pelatihan dari narasumber ahli, peningkatan kompetensi murid sesuai jurusannya, melakukan pengadaan sarana dan prasarana sesuai dengan standar perusahaan industri kerja sama dan kurikulum sekolah, melaksanakan praktik kerja lapangan oleh peserta didik, dan pemberian sertifikasi profesi dari sekolah LSP-1 dan dari pihak industri LSP-2. (4) Evaluasi pelaksanaan revitalisasi pendidikan vokasi dilakukan dengan pengawasan internal oleh kepala sekolah, pihak sekolah dan ekternal oleh pihak industri. ***** This study aims to describe the management of the revitalization of vocational education at state vocational high school 26 Jakarta. The sub focus of this research is planning, organizing, implementing, and evaluating vocational education revitalization. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. Data collection was carried out through interviews, observation, and documentation studies. Informants in this study included: school principals, vice principals for curriculum, vice principals for public relations, teachers, and students. The results of the research show that: (1) Vocational education revitalization planning is carried out by holding meetings and analyzing the needs needed and collaborating with industry to plan curriculum, facilities and infrastructure, increase the competence of teachers and students, and carry out field work practices. (2) Organizing the revitalization of vocational education is carried out by forming a team from each department determined by the school management. In this case the school also cooperates with the industrial party which aims to establish close relations with the industry. (3) The revitalization of vocational education is carried out by carrying out a synchronized curriculum, sending teachers to provide training from industrial companies and conducting training from expert sources, increasing the competence of students according to their majors, procuring facilities and infrastructure in accordance with the standards of industrial cooperation companies and the school curriculum, carrying out field work practices by students, and granting professional certification from the LSP-1 school and from the LSP- 2 industry. (4) Evaluation of the implementation of vocational education revitalization is carried out with internal supervision by the school principal, the school and externally by the industry.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Supadi, M.Pd.; 2). Dr. Wahyu Sri Ambar Arum, MA. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 18653 not found. |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 02:04 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 02:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40121 |
Actions (login required)
View Item |