PENGEMBANGAN MODUL PSIKOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI SENTRA MULYA JAYA JAKARTA

MEGAWATI WIBOWO PUTRI, . (2023) PENGEMBANGAN MODUL PSIKOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI SENTRA MULYA JAYA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran berupa modul psikoedukasi tentang problem solving dalam bentuk cetak sebagai bahan ajar dalam kegiatan belajar Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) selama menjalani pembinaan di Sentra Mulya Jaya Jakarta, (2) menguji tingkat kelayakan media modul psikoedukasi dalam peningkatan kemampuan problem solving pada ABH. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) oleh Luther yang mempunyai 6 tahapan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan pengujian oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, dan subyek penelitian yaitu 12 orang Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di Sentra Mulya Jaya Jakarta. Data yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan bantuan aplikasi statistik yaitu IBM SPSS Statictic 25. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan ini menunjukkan bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran modul psikoedukasi tentang problem solving ini melalui tahap pengonsepan, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan pendistribusian, (2) kelayakan media pembelajaran modul psikoedukasi didasari oleh hasil uji ahli materi memperoleh kategori Baik dengan rata-rata 3,58 dan persentase kualitas materi 74%. Berdasarkan hasil uji ahli media, modul memperoleh kategori Sangat Baik dengan rata-rata 4,25 dan persentase kualitas media sebesar 76,66%. Dan dari hasil uji coba responden, modul ini memperoleh kategori Baik dengan rata-rata 4,16 dan persentase kualitas media sebesar 81,16%. Dengan demikian, dari keseluruhan pengujian ini dapat dikatakan bahwa media ini layak digunakan guna mendukung kegiatan pembelajaran Anak Berhadapan dengan Hukum di Sentra Mulya Jaya Jakarta. ***** This study aims to (1) develop learning media in the form of psychoeducational modules about problem-solving in printed form as teaching materials in the learning activities of Children In Conflict With the Law (ABH) while undergoing coaching at Sentra Mulya Jaya Jakarta, and (2) test the feasibility of the psychoeducation module in increasing problem-solving skills in ABH. This study used a research and development approach with the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) development model by Luther, which has six stages. The data collection technique used a questionnaire with testing by a material expert, a media expert, and 12 Children in Conflict with the Law (ABH) at Sentra Mulya Jaya Jakarta as research subjects. The data was analyzed by statistical application, namely IBM SPSS Statistics 25. The results of the research that has been carried out show that: (1) the development of learning media for the psychoeducation module is about solving this problem through the stages of drafting, design, gathering material, manufacturing, testing, and distribution; (2) the feasibility of learning media for the psychoeducation module, which is support by test results, is Good with an average of 3.58 and the proportion of material quality is 74%. Based on the media expert test results, the module obtained the Very Good category with an average of 4.25, and the proportion of media quality was 76.66%. And from the test results of the respondents, this module obtained the Good category with an average of 4.16, and the proportion of media quality was 81.16%. Thus, from all these tests, it could say that is medium is appropriate to be used to support learning activities for Children in Conflict with the Law at Sentra Mulya Jaya Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sri Koeswantono W, M.Si. ; 2). Dr. Henny Herawaty BR.D, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 18536 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2023 00:20
Last Modified: 30 Aug 2023 00:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40212

Actions (login required)

View Item View Item