PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MATA KULIAH APLIKASI MANAJEMEN KONSTRUKSI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL KONSTRUKSI BANGUNAN

HAFIDZ ICKSAN PERDANA, . (2020) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MATA KULIAH APLIKASI MANAJEMEN KONSTRUKSI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL KONSTRUKSI BANGUNAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Hafidz Icksan Perdana. Pengembangan Modul Elektronik Mata Kuliah Aplikasi Manajemen Konstruksi Pada Program Studi Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. 2020 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berbasis modul elektronik pada Mata Kuliah Aplikasi Manajemen Konstruksi. Penelitian ini termasuk dalam Research and Development (R&D) dengan model penelitian pengembangan Borg dan Gall yang telah disederhanakan oleh Sugiyono. Penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap ke lima yaitu revisi produk setelah validasi oleh ahli media dan ahli materi. Langkah-langkah penelitian pengembangan sebagai berikut: (1) Potensi dan masalah; pada tahap ini mencari potensi dan masalah meliputi pengamatan terhadap Mata Kuliah Aplikasi Manajemen Konstruksi, konsultasi dengan dosen pengampu dan survei analisa kebutuhan kepada mahasiswa yang telah menempuh Mata Kuliah Aplikasi Manajemen Konstruksi. (2) Pengumpulan data; pada tahap ini dilakukan pengumpulan beberapa data dari tahap pertama. (3) Desain produk; pada tahap ini dilakukan desain produk berupa modul elektronik meliputi desain cover dan konten materi modul. (4) Validasi desain; pada tahap ini dilakukan validasi produk oleh ahli media dan ahli materi. (5) Revisi desain; pada tahap ini dilakukan revisi produk setelah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data instrumen non tes yaitu angket. Angket diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk menguji kelayakan produk bahan ajar berbasis modul elektronik. Hasil kelayakan produk berupa modul elektronik Mata Kuliah Aplikasi Manajemen Konstruksi yang terdiri dari 6 modul adalah sebagai berikut: a) Penilaian oleh ahli media mendapatkan nilai sebesar 90% yang dikategorikan sangat layak; b) Penilaian oleh ahli materi mendapat nilai sebesar 73,5% yang dikategorikan layak. Berdasarkan hasil kelayakan, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar modul elektronik Mata Kuliah Aplikasi Manajemen Konstruksi telah sesuai dan layak digunakan sebagai variasi bagi pembelajaran aplikasi manajemen konstruksi oleh dosen dan mahasiswa. Kata kunci: Bahan ajar, modul elektronik, aplikasi manajemen konstruksi ABSTRACT Hafidz Icksan Perdana. Development of Electronic Module Construction Management Application Courses in Building Engineering Education Study Programs, Jakarta State University. Bachelor Thesis. Jakarta: Building Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, Jakarta State University. 2020 The purpose of this study is to develop teaching materials based on electronic modules in the Construction Management Application course. This research is included in Research and Development (R&D) with the Borg and Gall development research model which has been simplified by Sugiyono. This research is limited to the fifth stage of product revision after validation by media experts and material experts. The development research steps are as follows: (1) Potential and problems; at this stage the search for potentials and problems includes preliminary observations on the Construction Management Application course, consultation with supporting lecturers and a needs analysis survey to students who have taken the Construction Management Application course. (2) data collection; at this stage the collection of some data from the first stage. (3) Product design; At this stage the product design is carried out in the form of electronic modules including the design of the cover and the contents of the module material. (4) Design validation; at this stage product validation is carried out by media experts and material experts. (5) Design revisions; at this stage product revisions are made after being validated by media experts and material experts. This study uses a non-test instrument data collection technique that is questionnaire. Questionnaire was given to material experts and media experts to test the feasibility of electronic module based teaching material products. The results of the feasibility of electronic module for the Construction Management Application program consisting of 6 modules are as follows: a) Assesment by media experts gets 90% which was categorized as very good; b) Assessment by material experts gets 73.5% which was categorized as good. Based on the results of the feasibility, can be concluded that the electronic module teaching materials for Construction Management Application Courses are suitable and suitable for use as variations for learning Construction Management Applications by lecturers and students. Keyword : Teaching materials, electronic module, construction management application

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). R Eka Murtinugraha, M.Pd. ; 2). Anisah, M.T
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Sipil
Depositing User: Users 977 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2020 12:10
Last Modified: 05 Mar 2020 12:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4026

Actions (login required)

View Item View Item