PERAN FORUM CAKRAWALA ISLAM (FCI) DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 59 JAKARTA

ANASTYA ZALFA, . (2023) PERAN FORUM CAKRAWALA ISLAM (FCI) DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 59 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran kegiatan Forum Cakrawala Islam dalam meningkatkan religiusitas peserta didik kelas X SMAN 59 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan secara detail dan sesuai dengan temuan di lapangan mengenai peran Forum Cakrawala Islam dalam meningkatkan religiusitas peserta didik kelas X di SMAN 59 Jakarta. Sumber data diperoleh dari hasil dokumentasi, observasi, wawancara, dan kuesioner. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori religiusitas dari Glock & Stark. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan Forum Cakrawala Islam dilakukan dengan pemberian materi, diskusi dan pembiasaan membaca Al-Qur'an serta sholat dhuha. Setiap rangkaian kegiatan tersebut berperan dalam meningkatkan religiusitas peserta didik, yaitu dalam dimensi pengetahuan peserta didik dapat mengetahui lebih dalam tentang wawasan keislaman, kemudian FCI juga berperan dalam mendorong dan memotivasi peserta didik untuk melaksanakan ibadah sholat dan FCI membantu meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap al-Qur’an melalui materi hukum tajwid, pembiasaan membaca al-Qur’an dan hafalan juz 30. Dengan itu, Peserta didik lebih memperhatikan tajwid dalam membaca al-Qur’an dan menambah hafalan surat-surat pendek. This study aims to describe the role of the Cakrawala Islam Forum activities in increasing the religiosity of class X students at SMAN 59 Jakarta. This study uses a qualitative research method with a descriptive approach to describe in detail and in accordance with findings in the field regarding the role of the Cakrawala Islam Forum in increasing the religiosity of class X students at SMAN 59 Jakarta. Sources of data obtained from the results of documentation, observation, interviews, and questionnaires. The theory used in this study is the religiosity theory from Glock & Stark. The results of this study indicate that the implementation of the activities of the Islamic Cakrawala Forum is carried out by providing material, discussion and the habit of reading the Qur’an and praying dhuha. Each series of these activities plays a role in increasing the religiosity of students, namely in the knowledge dimension students can find out more about Islamic insights, then FCI also plays a role in encouraging and motivating students to pray and FCI helps increase students’ love for the Qur’an ‘an through tajwid legal material, the habit of reading the Qur’an and memorizing juz 30. With that, students pay more attention to recitation in reading the Koran and add to the memorization of short letters.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mushlihin, M.A. 2). Dr. Amaliyah, M.A.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 19052 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2023 00:21
Last Modified: 30 Aug 2023 00:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40266

Actions (login required)

View Item View Item