PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK KONSEP DASAR PENDIDIKAN ORANG DEWASA GUNA MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANDRAGOGI BAGI INSTRUKTUR VOKASIONAL DI SENTRA MULYA JAYA JAKARTA

AHMAD FARHANI, . (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK KONSEP DASAR PENDIDIKAN ORANG DEWASA GUNA MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANDRAGOGI BAGI INSTRUKTUR VOKASIONAL DI SENTRA MULYA JAYA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media ini bertujuan bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul elektronik sebagai sumber belajar bagi para instruktur pelatihan vokasional dalam menerapkan konsep pendidikan orang dewasa secara utuh dalam diri peserta pelatihan terkhusus bagi pelatihan dengan sasaran layanan multifungsi di Sentra Mulya Jaya Jakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah instruktur pendidikan vokasional di Sentra Mulya Jaya Jakarta sebanyak 4 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan media Multimedia Development Life Cycle (MDLC) 6 tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, obeservasi, angket, dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul elektronik ini berpengaruh positif dalam meningkatkan pemahaman andragogi para instruktur vokasional di Sentra Mulya Jaya Jakarta. Rata-rata skor kelayakan media berdasarkan ahli media senilai 4,39 dengan persentse 88%, ahli materi senilai 4,83 dengan persentase 98% dan untuk tanggapan responden terhadap media senilai 3,7 dengan persentase 70,5%. Oleh sebab itu instruktur perlu memanfaatkan modul elektronik ini sebagai media untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan juga sebagai sarana belajar secara mandiri. ***** This media development aims to produce teaching materials in the form of electronic modules as a learning resource for vocational training instructors in applying the concept of adult education as a whole in training participants, especially for training with the target of multifunctional services at Sentra Mulya Jaya Jakarta. The sample in this study was 4 vocational education instructors at Sentra Mulya Jaya Jakarta. This research uses a Research and Development (R&D) approach with a 6-stage Multimedia Development Life Cycle (MDLC) media development model, namely concept, design, material collecting, assembly, testing and distribution. Data collection is done by tests, conservation, questionnaires, and documentation. Data collection is done by tests, conservation, questionnaires, and documentation. The type of data analysis used in this study is descriptive statistics. The results showed that the development of this electronic module had a positive effect in increasing the understanding of andragogy of vocational instructors at Sentra Mulya Jaya Jakarta. The average media suitability scores based on media experts are 4.39 with a percentage of 88%, material experts rate it as 4.83 with a percentage of 98%, and for respondent feedback on the media, it scores 3.7 with a percentage of 70.5%. Therefore, instructors need to use this electronic module as a medium to support learning activities and also as a means of independent learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sri Koeswantono, W. M.Si ; 2). Dr. Puji Hadiyanti, M.Si
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 18509 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:46
Last Modified: 30 Aug 2023 04:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40311

Actions (login required)

View Item View Item