PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SUPLEMEN MATA KULIAH MANAJEMEN PENDIDIKAN VOKASIONAL BERBASIS PODCAST PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

NINDYA REZA OSTIYANI, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SUPLEMEN MATA KULIAH MANAJEMEN PENDIDIKAN VOKASIONAL BERBASIS PODCAST PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf.pdf

Download (761kB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (270kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SUPLEMEN MATA KULIAH MANAJEMEN PENDIDIKAN VOKASIONAL BERBASIS PODCAST PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran suplemen berupa Podcast pada mata kuliah Manajemen Pendidikan Vokasional di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta, sehingga media pembelajaran suplemen tersebut dapat membantu pembelajaran baik di kelas maupun mandiri. Media pembelajaran ini bersifat suplemen dengan fungsi sebagai pelengkap media pembelajaran yang utama. Terdapat tiga jenis podcast salah satunya adalah podcast tradisional yang dikembangkan pada penelitian ini. Podcast akan diberikan satu hari sebelum pembelajaran dimulai disetiap pertemuannya. Materi yang disampaikan pada podcast diambil dari awal semester sampai tengah semester karena materi pada waktu tersebut bersifat konseptual dan cocok dengan karakteristik podcast yang mampu menjelaskan hal bersifat konseptual Metode yang digunakan pada penelitian in adalah Penelitian dan Pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik analisis data menggunakan angket atau kuesioner untuk mengumpulkan data dari analisis kebutuhan, validasi ahli materi, dan media, serta survei kepuasan oleh pengguna. Hasil penelitian ini berupa Podcast yang dapat di akses melalui aplikasi Spotify, Google Podcast, atau Noice. Media pembelajaran ini telah di validasi oleh tiga orang ahli materi dan tiga orang ahli media menggunakan skala Likert 1-5 dengan hasil sebagai berikut : a) Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan nilai sebesar 80.9% yang termasuk dalam kategori sangat layak; b) Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan nilai sebesar 84% yang termasuk ke dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil kelayakan, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran suplemen berbasis Podcast layak di gunakan pada mata kuliah Manajemen Pendidikan Vokasional. Kata kunci : Media Pembelajaran, Manajemen Pendidikan Vokasional, Podcast ***** DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA FOR PODCAST-BASED VOCATIONAL EDUCATION MANAGEMENT COURSE SUPPLEMENTS IN THE BUILDING ENGINEERING EDUCATION STUDY PROGRAM, FACULTY OF ENGINEERING, STATE UNIVERSITY OF JAKARTA. This research aims to produce a learning media supplement in the form of Podcasts in the Vocational Education Management course at the Building Engineering Education Study Program at the State University of Jakarta, so that the learning media supplement can help learning both in class and independently. This learning media is a supplement with a function as a complement to the main learning media. The method used in this research is Research and Development using the ADDIE model which consists of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. The data analysis technique used in this research is a questionnaire to collect data from needs analysis, material and media expert validation, and user satisfaction surveys. The results of this study are in the form of Podcasts that can be accessed through the Spotify, Google Podcast, or Noice applications. This learning media has been validated by three material experts and three media experts using a Likert scale of 1-5 with the following results: a) The results of validation by material experts get a score of 80.9% which is included in the very feasible category; b) The results of validation by media experts get a score of 84% which is included in the very feasible category. Based on the feasibility results, it can be concluded that Podcast-based supplement learning media is suitable for use in Vocational Education Management courses. Keywords : Learning medium, Podcast, Vocational Education Management

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). R. Eka Murtinugraha, M.Pd : 2). Dr. Riyan Arthur, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Sipil
Depositing User: Users 19271 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:33
Last Modified: 31 Aug 2023 06:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40351

Actions (login required)

View Item View Item