PERENCANAAN KURIKULUM ECOPESANTREN DI WILAYAH RENTAN PERUBAHAN IKLIM SPMAA LAMONGAN JAWA TIMUR

ACHMAD FADILLAH, . (2023) PERENCANAAN KURIKULUM ECOPESANTREN DI WILAYAH RENTAN PERUBAHAN IKLIM SPMAA LAMONGAN JAWA TIMUR. Sarjana thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Achmad Fadillah, Perencanaan Kurikulum Ecopesantren di Wilayah Rentan Perubahan Iklim SPMAA Lamongan Jawa Timur. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Perubahan iklim yang terjadi masyarakat masih menjadi problematika yang kian marak. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dalam bidang pendidikan dengan kurikulum ecopesantren. Ecopesantren adalah model kurikulum yang mampu mengatasi dua permasalahan, yakni permasalahan pendidikan dan permasalahan lingkungan hidup. Maka untuk mencapai keberhasilan tersebut, dibutuhkannya perencanaan kurikulum sebagai langkah awal untuk menetapkan tindakan mengenai apa yang harus dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan kurikulum ecopesantren yang dilakukan oleh Pondok Pesantren SPMAA. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian adalah Pondok Pesantren SPMAA Lamongan, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data melalui reduksi data dan pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi. Penelitian ini menggunakan teori dari Syafaruddin & Aminuddin yang menyatakan bahwa dalam perencanaan kurikulum terdapat kegiatan perumusan tujuan kurikulum, perumusan isi, perencanaan strategi pembelajaran dan perencanaan strategi penilaian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pondok Pesantren SPMAA menerapkan kurikulum ecopesantren dengan jenis kurikulum terpadu yakni bersifat integratif dengan memadukan pendidikan lingkungan hidup pada setiap pembelajaran. Perencanaan diawali dengan mengidentifikasi evaluasi pembelajaran untuk menjadi bahasan utama dalam komponen perencanaan. Kegiatan inti dari perencanaan terletak pada rapat selama tiga hari antara pimpinan pesantren dengan walisantri pada awal ajaran semester baru. Dari proses tersebut kemudian menghasilkan bahan pertimbangan perencanaan dalam perumusan tujuan, perumusan isi, perencanaan strategi pembelajaran dan perencanaan strategi penilaian. Perencanaan kurikulum di SPMAA dilakukan dengan pertimbangan kondisi lingkungan, kebutuhan masyarakat, dan kearifan lokal. Kata Kunci : Kurikulum, Perencanaan Kurikulum, Ecopesantren ABSTRACT Achmad Fadillah, Eco-Islamic Boarding School Curriculum Planning in Areas Vulnerable to Climate Change SPMAA Lamongan, East Java. Thesis, Jakarta: Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2023. Climate change that is happening to society is still an increasingly widespread problem. One way to overcome this problem is in the field of education with an ecopesantren curriculum. Ecopesantren is a curriculum model that is able to overcome two problems, namely educational problems and environmental problems. So to achieve this success, curriculum planning is needed as the first step to determine what actions must be carried out. The purpose of this research is to analyze the ecopesantren curriculum planning carried out by the SPMAA Islamic Boarding School. This type of research is descriptive qualitative with a case study approach. The research location is the SPMAA Lamongan Islamic Boarding School, East Java. Data collection techniques were carried out through interviews, documentation and observation. Data analysis techniques through data reduction and checking the validity of the data with triangulation techniques. This study uses the theory of Syafaruddin & Aminuddin which states that in curriculum planning there are activities for formulating curriculum objectives, content formulation, planning learning strategies and planning assessment strategies. The results of the study concluded that the SPMAA Islamic Boarding School applies an ecopesantren curriculum with an integrated curriculum type, which is integrative by integrating environmental education in every lesson. Planning begins with identifying learning evaluations to become the main discussion in the planning component. The core activity of planning lies in a three-day meeting between the pesantren leadership and the walisantri at the start of the new semester. From this process then produce material for planning considerations in the formulation of objectives, formulation of content, planning learning strategies and planning assessment strategies. Curriculum planning at SPMAA is carried out by considering environmental conditions, community needs, and local wisdom. Keywords: Curriculum, Curriculum Planning, Eco-Islamic Boarding School

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rihlah Nur Aulia,MA. 2). Dr. Amaliyah,MA.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Geografi, Antropologi > Ilmu Lingkungan
Geografi, Antropologi > Ekologi sosial
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 18924 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:59
Last Modified: 30 Aug 2023 03:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40352

Actions (login required)

View Item View Item