PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII

AKSAL RAMADHAN, . (2023) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul ajar berbasis RME pada materi relasi dan fungsi untuk peserta didik SMP kelas VIII yang layak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan dan analisis data pada penelitian ini menggunakan metode campuran dengan desain concurrent embedded. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan pada tahap define, materi yang dipilih adalah relasi dan fungsi dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan RME. Tahap design menghasilkan kuesioner validasi ahli, kuesioner uji coba kelayakan, dan draf awal produk. Produk yang dikembangkan memperoleh penilaian melalui validasi ahli dan uji coba pada tahap develop. Pada validasi ahli, produk memperoleh penilaian sebesar 87% dari ahli materi dan bahasa dan sebesar 88,5% dari ahli media. Pada uji coba kelompok kecil, produk memperoleh penilaian sebesar 88% dari uji coba kepada guru dan 100% dari uji coba kepada peserta didik. Pada uji coba kelompok besar, produk memperoleh penilaian sebesar 91,7% dari uji coba kepada guru dan sebesar 93,5% dari uji coba kepada peserta didik. Maka diperoleh nilai rata-rata dari keseluruhan penilaian yang diperoleh sebesar 91,4% dengan kriteria sangat layak. Oleh karena itu, modul ajar berbasis RME pada materi relasi dan fungsi untuk peserta didik SMP kelas VIII dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika pada materi relasi dan fungsi kelas VIII. **** The research is aimed to developed an eligible learning media in the form of an RME-based teaching module on relation and function materials for eighth grade students. The research method is 4D model of R&D that consists of four stages: define, design, develop, and disseminate. Data collection and analysis techniques in this research use a mixed method with concurrent embedded design. Based on the results of the needs analysis at the definition stage, the chosen material is relation and function, and the learning approach is RME. The design stage produced expert validation questionnaires, qualifying test questionnaire, and initial product draft. The product developed goes through expert validation and group trials at the develop stage. On expert validation, the product obtained an 87% rating from material and language experts and an 88.5% rating from media experts. In a small group trial, the product obtained a score of 88% from the test for the teacher and 100% from the trial for the students. In large group trials, the product obtained a score of 91.7% on the test for the teacher and 93.5% on the trial for the students. Then the average score of the total assessment obtained was 91.4%, with criteria that were very decent. Therefore, the RME-based teaching module on relation and function materials for eighth grade students is declared valid and suitable for use in the mathematical learning process on relational material and functions in the eighth grade.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dwi Antari Wijayanti, M.Pd. ; 2). Dr. Mimi Nur Hajizah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Matematika
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 19080 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 00:24
Last Modified: 07 Sep 2023 00:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40369

Actions (login required)

View Item View Item