PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS FLIP PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTUKTUR JARINGAN KELAS XII SMK KSATRYA MENGGUNAKAN METODE LUTHER -SUTOPO (Penelitian pada mahasiswa semester XIV Tahun Akademik 2022/2023 Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta)

HAUZAN NABIL HAWALI, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS FLIP PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTUKTUR JARINGAN KELAS XII SMK KSATRYA MENGGUNAKAN METODE LUTHER -SUTOPO (Penelitian pada mahasiswa semester XIV Tahun Akademik 2022/2023 Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (800kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Buku konvensional tidak menyediakan kegiatan interaktif yang merangsang keterlibatan siswa secara aktif. Siswa hanya dapat membaca teks yang disajikan dalam buku tanpa adanya fitur interaktif seperti audio, video, atau konten multimedia lainnya. Hal ini dapat mengurangi keterlibatan serta minat siswa dalam pembelajaran Administrasi Infrastuktur Jaringan dan guru berperan sebagai sumber utama informasi, sedangkan siswa menjadi penerima pasif yang hanya menerima pengetahuan dari buku dan penjelasan guru. Kurangnya umpan balik langsung dapat memperlambat proses pembelajaran dan menghambat pemahaman yang efektif. Hal ini membuat proses pembelajaran membutuhkan sebuah media ajar yang dapat digunakan dengan mudah dan dapat diakses kapan saja, dimana saja. Electronic book atau Media digital merubah penggunaan elemen menjadi multimedia seperti audio, video, animasi, dan interaktif. Oleh karna itu karena itu pengembangan media ajar interaktif mata pelajaran Administrasi Infrastuktur Jaringan SMK Ksatrya sebagai sebuah penelitian dengan tujuan membantu proses pembelajaran agar dengan mudah dimengerti serta meningkatkan minat belajar siswa. E-book interaktif ini menyajikan materi pembelajaran interaktif, gambar interaktif, materi berbentuk video pembelajaran interaktif dan quiz interaktif. E-book interaktif ini dikembangkan dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) terdiri dari enam tahap, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil observasi dan wawancara kepada Kepala Program Teknik Komputer Jaringan SMK Ksatrya. Penelitian ini diuji dengan pengujian Skala Guttman untuk Ahli materi mendapatkan penilaian 100% interval “Sangat Layak”, Skala Likert untuk Ahli media mendapatkan penilaian 89,41% interval “Sangat Layak” dan System Usability Scale untuk responden mendapatkan penilaian 88,10% interval “Sangat Layak”. E-book ini diharapkan dapat digunakan dan dapat membantu proses pembelajaran dengan baik di Sekolah Menengah Kejuruan Katrya. ***** Conventional books often do not provide interactive activities that stimulate active student involvement. Students can only read text presented in the book without any interactive features such as audio, video, or other multimedia content. It can reduce the involvement and interest of students in learning Network Infrastructure Administration and teacher acts as the main source of information, while students become passive recipients who only receive knowledge from books and teacher explanations. A lack of immediate feedback can slow down the learning process and hinder effective understanding. This makes the learning process requires teaching media that can be used easily and can be accessed anytime and anywhere. Electronic books or digital media change the use of elements into multimedia such as audio, video, animation, and interactive. Because of that, the development of interactive teaching media for Network Infrastructure Administration at SMK Ksatrya is a study to help the learning process to be easily understood and increase student learning interest. The interactive e-book presents interactive learning materials, interactive images, material in the form of interactive learning videos, and interactive quizzes. This interactive e-book was developed using the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method consisting of six stages, namely concept, design, material collecting, assembly, testing, and distribution. The data used in this study are the results of observations and interviews with the Head of the Ksatrya Vocational High School Network Computer Engineering Program. This research was tested with the Guttman test for material experts to get 100% a "Very Eligible" interval rating, Likert for Media Experts to get 89,41% a "Very Eligible" interval rating and the System Usability Scale for respondents to get 88,10% a "Very Eligible" interval rating. It is hoped that this e-book can be used and can help the learning process properly at SMK Ksatrya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Muchammad Ficky Duskarnaer, M.Sc ; 2). Bambang Prasetya Adhi, S.Pd., M.Kom.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 19352 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 00:15
Last Modified: 04 Sep 2023 00:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40425

Actions (login required)

View Item View Item