MODEL BELAJAR PERMAINAN MINI TENIS UNTUK ANAK USIA 6-8 TAHUN

DIAH FAUZI, . (2023) MODEL BELAJAR PERMAINAN MINI TENIS UNTUK ANAK USIA 6-8 TAHUN. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model belajar permainan mini tenis yang berupa variasi-variasi permainan groundstroke untuk anak usia 6-8 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di Sumatera Barat dengan melibatkan para pakar ahli tenis, ahli kepelatihan, ahli permainan, ahli media dan para pelatih klub tenis serta atlet yang berusia 6-8 tahun sebagai subjek penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan research and development berdasarkan rujukan Borg and Gall dengan mengumpulkan data analisis kebutuhan dilapangan, selajutnya data tersebut dijadikan landasan untuk membuat model dari hasil penelitian ini. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah pre test-post test control group design. Uji signifikansi efektifitas dan efisiensi model belajar permainan mini tenis dilakukan pada dua kelompok dengan menggunakan prosedur uji-t dan aplikasi SPSS 22. Sebelum data dianalisis dilakukan uji normalitas terhadap hasil peningkatan kelompok eksperimen (n=22) dan kelompok kontrol (n=22) pada keterampilan groundstroke dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov pada taraf nyata α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi untuk data kelompok eksperimen sebesar 0,200 dan data kelompok kontrol sebesar 0,200. Karena nilai signifikansi kedua kelompok lebih besar dari α (0,05) maka keseluruhan data kelompok penelitian berdistribusi normal. Uji Efektivitas model belajar permainan mini tenis menggunakan t-test dengan nilai kolom Equal variances assumed dan Levene's Test for Equality of Variances diperoleh nilai Sig (2-tailed) yakni 0.000 < 0.05. diperoleh Skor thitung = 18.60 dengan df =42. didapat ttabel= 2,0180, maka peningkatan hasil teknik groundstroke kelompok eksperimen lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan demikian teknik groundstroke kelompok eksperimen lebih tinggi atau lebih efektif dari pada kelompok kontrol. Maka model belajar permainan mini tenis dapat secara efektif diberikan kepada anak usia 6-8 tahun di Sumatera Barat. This study aims to develop a mini tennis game learning model in the form of variations of groundstroke games for children aged 6-8 years. This research was conducted in West Sumatra by involving tennis experts, coaching experts, game experts, media experts and tennis club coaches and athletes aged 6-8 years as research subjects. The method used in this research is the Research and Development research and development method based on Borg and Gall references by collecting needs analysis data in the field, then the data is used as a basis for making models from the results of this study. While the research design used is pre test-post test control group design. Before the data was analysed, the normality test was carried out on the results of the improvement of the experimental group (n = 22) and the control group (n = 22) on groundstroke skills using the Kolmogorov-Smirnov test at the real level α = 0.05, The results showed that the significance value for the experimental group data was 0.200 and the control group data was 0.200. Because the significance value of both groups is greater than α (0.05), the overall research group data is normally distributed. Test the effectiveness of the mini tennis game learning model using the t-test with the column value Equal variances assumed and Levene's Test for Equality of Variances obtained Sig (2-tailed) value of 0.000 <0.05. obtained tcount score = 18.60 with df = 42. obtained ttable = 2.0180, then the increase in groundstroke results in the experimental group is higher when compared to the control group. Thus the experimental group's groundstroke is higher or more effective than the control group. So the mini tennis game learning model can be effectively given to children aged 6-8 years in West Sumatra.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nofi Marlina Siregar, M.Pd 2). Dr. Aan Wasan, M.Si
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 19237 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2023 22:50
Last Modified: 31 Aug 2023 22:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40592

Actions (login required)

View Item View Item