IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QURAN DI RUMAH TAHFIDZ MAN 12 JAKARTA

RADEN MUCHAMAD BUDI MULYONO, . (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QURAN DI RUMAH TAHFIDZ MAN 12 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program tahfidz sebagai aktivitas belajar Al-Qur’an di Rumah Tahfidz MAN 12 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang menyajikan gambaran fenomena yang terjadi sesuai dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan melakukan triangulasi metode yaitu membandingkan dan mengecek ulang derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui metode yang berbeda (observasi, wawancara dan dokumentasi). Proses analisis data yang digunakan adalah analisis data yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana (2014) yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini telah mendeskripsikan implementasi program Tahfidz Al-Quran di Rumah Tahfidz MAN 12 Jakarta sesuai dengan tujuan khusus penelitian pada tiga langkah Standar Proses dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap penilaian. ***** This study aims to describe the implementation of Al-Qur’an Memorizing Program as learning activities for studying Al-Qur’an at MAN 12 Tahfidz House, Jakarta. The method used in this study is descriptive qualitative which describes phenomena with qualitative approach. Data collected by observation, interview, and document study. Testing the validity of data by triangulating methods that compare and double-check the degree of trust of information obtained through different methods (observation, interviews and documentation). The data analysis process used is data analysis proposed by Miles, Huberman and Saldana (2014), namely data collection, data reduction, data presentation and conclusions. This study has described the implementation of the Tahfidz Al-Quran program at MAN 12 Tahfidz House Jakarta in accordance with the specific objectives of research on the three steps of Process Standards in Government Regulation of the Republic of Indonesia No. 57 of 2021 concerning National Education Standards, namely the planning stage, implementation stage and assessment stage.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Dewi Salma Prawiradilaga, M,Sc.,Ed. ; 2). Kunto Imbar Nursetyo, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 19469 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:19
Last Modified: 01 Sep 2023 07:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40593

Actions (login required)

View Item View Item