MODEL PUKULAN LOB DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN BULUTANGKIS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V

FAUZALINA INDIRA, . (2023) MODEL PUKULAN LOB DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN BULUTANGKIS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dalam proses pelaksanaan pembelajaran permainan bulutangkis, menciptakan dan mempraktikkan proses pembelajaran dengan model pukulan lob bulutangkis bagi siswa Sekolah Dasar kelas V mendapatkan data empiris tentang efektivitas dan efesiensi serta ketertarikan siswa dari proses pembelajaran pukulan lob bulutangkis bagi siswa Sekolah Dasar kelas V dan menciptakan buku model pembelajaran untuk guru sebagai pedoman pengajaran pukulan lob dalam permainan bulutangkis siswa sekolah dasar. Hal ini akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi sekaligus meningkatkan motivasi siswa untuk belajar pukulan lob dalam permainan bulutangkis. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Makasar 05 Pagi Jakarta Timur, dengan 31 siswa sebagai objek penelitiannya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan pembelajaran ADDIE, dimana dalam model ini dimulai pada tahapan Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Dari hasil yang didapatkan, model pembelajaran pukulan lob bulutangkis ini ternyata sangat efektif untuk diterapkan di pembelajaran Dari hasil yang diperoleh, model pembelajaran bulu tangkis lob ini ternyata sangat efektif jika diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pre-test dan post-test dengan menggunakan uji sampel berpasangan pada SPSS 25.0 T-Test. Perbedaan signifikansi pada T-hitung ditunjukkan sebagai 3,743 df = 31, p-value = 0.001 < 0.05 ; Dengan hal tersebut, terlihat adanya peningkatan yang signifikan pada hasil penilaian keterampilan siswa di SDN Makasar 05 Pagi Kelas VA. The purpose of this study was to obtain information about the implementation process of learning to play badminton, creating and practicing the learning process with the badminton lob model for elementary school students in grade V, obtaining empirical data about the effectiveness and efficiency as well as student interest in the learning process of lob badminton for elementary school students in grade V and creating a learning model book for teachers as a guide for teaching lobs in elementary school student badminton games. This research was conducted at SDN Makasar 05 Pagi, East Jakarta, with 31 students as research objects. This study uses the ADDIE learning development model, which starts with the Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation stages. From the results obtained, this lob badminton learning model turned out to be very effective when applied to learning. It can be seen from the increase in the pre-test and post-test using the paired sample test in SPSS 25.0 T-Test. The difference in significance on T-count is shown as 3,743 df = 31, p-value = 0.001< 0,05; With this, it seems that there is a significant increase in the results of the assessment of student skills at SDN Makasar 05 Pagi Class VA.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Samsudin, M.Pd 2). Dr. Sujarwo, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 19656 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:51
Last Modified: 04 Sep 2023 01:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40594

Actions (login required)

View Item View Item