STUDI TENTANG KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN STRATEGI REACT PADA PEMBELAJARAN HIDROLISIS GARAM

ALFINA DWIYANTI, . (2023) STUDI TENTANG KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN STRATEGI REACT PADA PEMBELAJARAN HIDROLISIS GARAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (789kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan strategi REACT pada materi hidrolisis garam. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran abad 21. Oleh karena itu, pembelajaran perlu dirancang untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik guna mempersiapkan peserta didik dalam persaingan era globalisasi. Strategi REACT adalah strategi pembelajaran yang berpusat pada aktivitas dan menstimulus peserta didik untuk dapat mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Sehingga pembelajaran dengan strategi REACT akan mengembangkan kemampuan berpikir kritis serta keaktifan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sejumlah 40 peserta didik kelas XI MIPA 6 di SMA Negeri 12 Tangerang Selatan pada tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan berpikir kritis peserta didik secara umum termasuk dalam kategori tinggi, dengan rentang persentase yang diperoleh berada pada rentang 60-80%. Aspek indikator berpikir kritis yang paling dominan yaitu pada aspek mengatur strategi dan taktik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi REACT dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. ***** This study aims to describe the critical thinking ability of students after learning by applying the REACT strategy. The ability to think critically is one of the important abilities that students must have to achieve 21st century learning goals. Therefore, learning needs to be designed to be able to develop and improve students' critical thinking skills to prepare students in the competition of the globalization era. The REACT strategy is an activity-centered learning strategy that stimulates learners to be able to construct their own knowledge. So that learning with the REACT strategy will develop critical thinking skills and student activeness. This study used qualitative descriptive method with the research subject of 40 students of grade XI MIPA 6 at SMA Negeri 12 South Tangerang. The results showed that the achievement of students' critical thinking skills in general was included in the high category, with the percentage obtained in the range of 60-80%. The most dominant aspect of critical thinking indicators is the aspect of managing strategies and tactics. Thus, it can be concluded that the REACT strategy can develop and improve the critical thinking skills of learners.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sukro Muhab, M.Si. ; 2.) Edith Allanas, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 19578 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2023 05:58
Last Modified: 05 Sep 2023 05:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40606

Actions (login required)

View Item View Item