ANGGI PRAYOGA, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR BERBASIS E-BOOK INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN UNTUK KELAS XI TKJ SMK KSATRYA MENGGUNAKAN METHODE LUTHER-SUTOPO (Penelitian pada Mahasiswa Semester XIV Tahun Akademik 2022/2023 Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (472kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (86kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (54kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Buku konvensional telah lama menjadi sarana utama dalam proses pembelajaran. Buku konvensional memiliki keunggulan karena tidak memerlukan akses ke teknologi atau internet, dan tetap menjadi sumber pengetahuan penting. Namun, terdapat beberapa keterbatasan dalam penyajian multimedia dan interaktivitas pada buku konvensional. Di sisi lain, era digital menuntut aksesibilitas informasi dan kemampuan berinteraksi dengan konten pembelajaran yang semakin penting. Sebagai hasilnya, perkembangan media pembelajaran pada era digital membuka peluang baru untuk memperkaya pengalaman belajar dan memenuhi kebutuhan belajar yang beragam. E-Book interaktif merupakan salah satu inovasi signifikan di dunia pendidikan pada era digital. Seiring perkembangan teknologi informasi, tradisi buku konvensional telah bertransformasi menjadi format digital yang dinamis dan interaktif. Oleh karena itu, pengembangan media ajar interaktif untuk mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan di SMK Ksatrya menjadi penelitian dengan tujuan memperkaya proses pembelajaran agar lebih bervariasi, inovatif, dan meningkatkan minat belajar siswa. E-Book interaktif memungkinkan guru menyajikan materi dalam berbagai bentuk yang mudah dipahami oleh siswa melalui komponen seperti gambar, audio, dan video pembelajaran, sehingga lebih menarik perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran dan berdampak pada keberhasilan belajar siswa. Pengembangan E-book interaktif ini dilakukan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini melibatkan pengujian oleh ahli materi dan ahli media, dengan hasil nilai total presentase skor ahli materi mencapai 100%, masuk ke dalam kategori Sangat Layak, sedangkan ahli media mencapai 94,11%, juga masuk ke dalam kategori Sangat Layak. Selain itu, penilaian responden menggunakan metode SUS dengan presentase skor sebesar 87,80%, juga termasuk dalam kategori Sangat Layak. E-book interaktif ini diharapkan dapat digunakan dan membantu proses pembelajaran dengan baik di SMK Ksatrya ***** Conventional books have long been the mainstay in the learning process. They offer the advantage of not requiring access to technology or the internet, remaining an essential knowledge source. However, conventional books have limitations in multimedia presentation and interactivity. On the other hand, the digital era demands accessible information and interactive learning content, becoming increasingly important. Consequently, developing instructional media in the digital era opens new opportunities to enrich the learning experience and meet diverse learning needs. Interactive E-Books are a significant innovation in education during the digital era. With information technology advancement, traditional books have transformed into dynamic and interactive digital formats. Thus, developing interactive instructional media for Network System Administration at SMK Ksatrya aims to diversify and innovate the learning process, enhancing students' interest. Interactive E-Books allow teachers to present materials in various easily understandable forms, including images, audio, and video, engaging students in the learning process and positively impacting their success. The development of this interactive E-Book follows the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method, comprising six stages: concept, design, material collection, assembly, testing, and distribution. Data is obtained through observation and interviews. The research involves testing by subject matter and media experts, resulting in subject matter experts reaching a total percentage score of 100%, classified as Highly Feasible, and media experts scoring 94.11%, also considered Highly Feasible. Respondents evaluate using the SUS method with a percentage score of 87.80%, falling into the Highly Feasible category. This interactive E-Book is expected to be effectively utilized to support the learning process at SMK Ksatrya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Muchammad Ficky Duskarnaen, M.Sc ; 2). Bambang Prasetya Adhi, S.Pd., M.Kom. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | Users 19399 not found. |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 02:46 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 02:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40625 |
Actions (login required)
View Item |