ANALISIS KEBUTUHAN KOMPETENSI PEDAGOGIK SARJANA PENDIDIKAN BIDANG TEKNIK BANGUNAN UNJ

MUHAMMAD JOVA ALVIANDRICO, . (2023) ANALISIS KEBUTUHAN KOMPETENSI PEDAGOGIK SARJANA PENDIDIKAN BIDANG TEKNIK BANGUNAN UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan melakukan analisis kebutuhan untuk menemukan kebutuhan kompetensi pedagogik yang seharusnya dimiliki oleh seorang sarjana pendidikan di bidang teknik bangunan, dari alumni PTB yang saat ini mengajar di SMK teknik bangunan sebagai guru. Penelitian ini akan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan isi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menghasilkan penguasaan yang dibutuhkan oleh guru teknik bangunan terkait dengan kompetensi pedagogiknya seperti kemampuan untuk adaptif terhadap kebijakan kurikulum, penilaian dan evaluasi, penguasaan dan teknologi serta komitmen pengembangan keilmuan teknik bangunan, penguasaan kelas, kolaborasi dasar pedagogik untuk setiap konten bangunan, memahami materi teknik bangunan secara mendalam dan menyeluruh, penguasaan psikologi perkembangan anak smk bangunan, dan memfasilitasi potensi dan pembelajaran siswa SMK bangunan. Masih terdapat beberapa keterbatasan yang ada pada penelitian ini. Target informan kepala sekolah pada pelaksanaannya tidak dapat dijadikan informan karena keterbatasan waktu dan kesempatan. Terdapat juga keterbatasan di mana sekolah yang berkesempatan untuk diwawancara hanya pada program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB), dan guru yang diwawancara hanya yang mengajar mata pelajaran berbasis teori seperti mekanika teknik, konstruksi jalan dan jembatan, maupun estimasi biaya konstruksi yang tidak berfokus pada pelaksanaan pembelajaran praktik. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan UNJ agar memberikan perhatian untuk menanggulangi kebutuhan kompetensi yang terjadi pada guru-guru bidang teknik bangunan dengan memberikan perkuatan pada bidang pendidikan vokasionalnya seperti teori-teori belajar vokasional, pengorganisasian materi teknik kejuruan, kolaborasi pedagogis dengan tiap-tiap materi teknik bangunan, maupun cara menghadapi karakteristik siswa SMK. ***** This study aims to conduct an analysis of the needs to identify the pedagogical competence that should be possessed by an education graduate specialized in the field of building engineering, specifically from Building Engineering Education alumni who are currently teaching as instructors in vocational high schools (SMK) with a focus on building engineering. This research employs a qualitative research with content analysis approach. Data collection techniques utilized include interviews, documentation, and observation. The study yields insights into the required expertise for building engineering instructors, including adaptability to curriculum policies, assessment and evaluation skills, mastery of technology, commitment to building engineering pedagogical development, classroom management proficiency, foundational pedagogical collaboration for each building-related content, in-depth understanding of building engineering subjects, familiarity with the psychology of development in SMK students, and facilitating students' potential and learning in SMK building engineering. Several limitations are present in this research. The target informants, which are school principals, cannot be included due to time and opportunity constraints. Additionally, limitations arise from the fact that only schools offering the Design Modeling and Building Information Program (DPIB) were interviewed, and the interviewed teachers are those who teach theory-based subjects such as engineering mechanics, road and bridge construction, and construction cost estimation, which are not focused on practical teaching implementation. This study is expected to benefit the Building Engineering Education Program at UNJ by drawing attention to addressing the competency needs of building engineering instructors. This can be achieved through strengthening vocational education aspects, such as vocational learning theories, organizing vocational engineering materials, pedagogical collaboration for each building-related content, and strategies for managing the characteristics of SMK students. Keywords: Pedagogical Competence, Educator, Teacher, Building Engineering.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). R. Eka Murtinugraha, M.Pd. ; 2). Dr. Riyan Arthur, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 19005 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 00:28
Last Modified: 04 Sep 2023 00:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40689

Actions (login required)

View Item View Item