PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS PERMAINAN EDUKASI INTERAKTIF “PEBI” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SERANG

IMAS MASTOAH, . (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS PERMAINAN EDUKASI INTERAKTIF “PEBI” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SERANG. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (708kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis permainan edukasi interaktif yang dapat dijadikan sebagai bahan ajar pendamping dan sekaligus menjadi media pembelajaran anak kelas II sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2022 dengan populasi siswa kelas II Sekolah Dasar di Kabupaten Serang Provinsi Banten yang dipilih secara simple random sampling. Penelitian ini terintegrasi dengan model Research and Development model Dick and Carey. Berdasarkan hasil validasi para ahli baik ahli media, ahli materi dan ahli bahasa menunjukan bahwa bahan ajar berbasis permainan bahasa Indonesia ini valid untuk digunakan, dengan hasil validasi nilai rata-rata 89,8% ahli media, 97% ahli materi, dan 93% ahli bahasa. Tahap evaluasi uji one to one menunjukan rata-rata 4,6, rata-rata kelompok kecil sebesar 4,8, dan rata-rata uji lapangan sebesar 4,8 dengan kategori sangat baik. Adapun hasil uji efektivitas bahan ajar yang melibatkan 80 siswa dilakukan dengan menggunakan Uji N-Gain Score dengan hasil N-Gain Score kelas eksperimen sebesar 0,6624 dan N-Gain Score kelas kontrol sebesar 0,4002. Setelah dilakukan uji inferensia Independent Sample t-Test diperoleh perbedaan peningkatan kemampuan membaca yang signifikan antara siswa yang memperoleh bahan ajar konvensional dengan siswa yang memperoleh bahan ajar interaktif. Hasil tersebut merekomendasikan pembaca untuk menggunakan bahan ajar permainan sebagai alternatif atau pilihan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar kelas II dan hasil pengembangan ini dapat dikembangkan lebih lanjut oleh guru atau yang lainnya. Kata kunci: bahan ajar, permainan edukasi interaktif, membaca permulaan

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1) Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M. Pd 2) Dr. Gusti Yarmi, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 19639 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:03
Last Modified: 04 Sep 2023 02:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40709

Actions (login required)

View Item View Item