MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMA LABSCHOOL CIBUBUR

NAURA FARAH SALSABILA, . (2023) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMA LABSCHOOL CIBUBUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (759kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (446kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di SMA Labschool Cibubur. Sub fokus pada penelitian ini meliputi aspek perencanaan, pengadaan, dan pemeliharaan sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi: kepala sekolah, kepala sekretariat, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, kepala tata usaha, staf sarana dan prasarana, 2 guru, dan 3 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan sarana dan prasarana diawali dengan identifikasi dan analisis kebutuhan sesuai dengan daftar inventarisasi yang ada di sekolah kemudian dilakukan seleksi terhadap barang yang dibutuhkan, Selanjutnya mengadakan rapat kerja (RAKER) dengan pihak yayasan untuk membahas surat pengajuan dan menetapkan skala prioritas dan terakhir adalah pengesahan surat permohonan kedalam RAPBS dan pelaksanaan pengadaan; (2) Pengadaan sarana dan prasarana dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan saat perencanaan sebelumnya dan melihat daftar inventaris kemudian pihak sekolah mengajukan surat permohonan tersebut yang ditanda tangani oleh kepala sekolah dan diteruskan kepada kepala sekretariat, Selanjutnya yayasan dan sekolah berdiskusi bersama terkait dengan barang dan anggaran yang akan dianggarkan. Kemudian kepala tata usaha menyediakan semua keperluan barang dan yang terakhir adalah mencatat inventarisasi dan pendistribusian barang; (3) Pemeliharaan sarana dan prasarana dilakukan dengan sifat harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Kata Kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Kegiatan Belajar Mengajar ***** This study aims to describe the management of facilities and infrastructure in supporting teaching and learning activities at SMA Labschool Cibubur. The sub focus of this research includes aspects of planning, procurement, and maintenance of facilities and infrastructure. This study uses a qualitative approach and descriptive method. Data collection techniques are carried out through observation, interviews, and documentation studies. Informants in this study included: school principals, secretariat heads, vice principals of student affairs, heads of administration, facilities, and infrastructure staff, 2 teachers, and 3 students. The results of this study indicate that: (1) Planning for facilities and infrastructure begins with identification and analysis of needs in accordance with the inventory list in schools and then selects the items needed, then holds a working meeting (RAKER) with the foundation to discuss submissions and determine priority scales and the last is ratification of the application letter into the RAPBS and implementation of procurement; (2) Procurement of facilities and infrastructure begins with carrying out a needs analysis during previous planning and looking at the inventory list, then the school submits the application letter which is signed by the school principal and forwarded to the head of the secretariat. Furthermore, the foundation and school will discuss together regarding the goods and budget to be budgeted. Then the head of administration will provide all the goods needed and the last thing is to record the inventory and distribution of goods; (3) Maintenance of facilities and infrastructure is carried out on a daily, weekly, monthly, and annual basis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Amril Muhammad, S.E., M.Pd; 2). Prof. Dr. Suryadi
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 18898 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2023 04:47
Last Modified: 01 Sep 2023 04:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40723

Actions (login required)

View Item View Item