HUBUNGAN LINGKUNGAN SOSIAL DENGAN MINAT CALON PENGANTIN WANITA DALAM PEMILIHAN TATA RIAS PENGANTIN MUSLIM HIJAB MODERN

NESYA SALSABILA, . (2023) HUBUNGAN LINGKUNGAN SOSIAL DENGAN MINAT CALON PENGANTIN WANITA DALAM PEMILIHAN TATA RIAS PENGANTIN MUSLIM HIJAB MODERN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan sosial merupakan sebuah interaksi antara masyarakat dengan lingkungannya, atau lingkungan yang terdiri dari makhluk sosial yaitu manusia. Pada lingkungan sosial terdapat hubungan manusia dengan lingkungan yang saling timbal balik, sehingga lingkungan dapat mempengaruhi individu, dan sebaliknya individu juga dapat mempengaruhi lingkungan. Salah satu faktor yang mempengaruhi lingkungan sosial merupakan minat calon pengantin wanita dalam pemilihan tata rias pengantin muslim hijab modern. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara lingkungan sosial dengan minat calon pengantin wanita dalam pemilihan tata rias pengantin muslim hijab modern. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Sample dari penelitian ini meliputi calon pengantin wanita dalam pemilihan modern hijab yang ada di sanggar X sebanyak 30 orang dan dipilih menggunakan purposive sampling. Aspek yang terdapat variabel lingkungan sosial adalah lingkungan keluarga, lingkungan tetangga/Masyarakat, lingkungan teman sebaya. Sedangkan aspek pada variabel minat calon pengantin wanita dalam pemilihan tata rias pengantin muslim hijab modern yaitu internal dan eksternal. Uji normalitas menyatakan bahwa data dari kedua variabel terdistribusi normal. Lalu uji yang dilakukan untuk membuktikan hipotesis, yaitu uji korelasi product moment dimana jika hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel artinya dapat dinyatakan bahwa kedua variabel memiliki hubungan. Nilai thitung = 6,377 lebih besar dari ttabel 2,0484, artinya terdapat hubungan positif antara lingkungan sosial dengan minat calon pengantin wanita dalam pemilihan tata rias pengantin muslim hijab modern. Dengan nilai korelasi sebesar 0,770 menunjukkan korelasi yang kuat. Maka, semakin tinggi lingkungan sosial maka semakin banyak minat calon pengantin wanita dalam pemilihan tata rias pengantin muslim hijab modern. ***** The social environment is an interaction between society and its environment, or an environment consisting of social beings, namely humans. In the social environment there is a reciprocal relationship between humans and the environment, so that the environment can influence individuals, and vice versa individuals can also influence the environment. One of the factors that influence the social environment is the interest of the bride and groom in choosing modern hijab Muslim bridal make-up. This study aims to find the relationship between the social environment and the interest of the bride and groom in choosing modern hijab Muslim bridal make-up. The research method used is a survey. The sample from this study included 30 brides-to-be in the selection of modern hijab in studio X as many as 30 people and were selected using purposive sampling. Aspects that contain social environment variables are family environment, neighborhood/community environment, peer environment. Meanwhile, the aspects of the interest variable of the bride and groom in the selection of modern hijab Muslim bridal make-up are internal and external. The normality test states that the data from both variables are normally distributed. Then the test is carried out to prove the hypothesis, namely the product moment correlation test where if the results obtained show that tcount is greater than ttable, it means that it can be stated that the two variables have a relationship. The value of tcount = 6.377 is greater than ttable 2.0484, meaning that there is a positive relationship between the social environment and the interest of the prospective bride in choosing modern hijab Muslim bridal make-up. With a correlation value of 0.770, it shows a strong correlation. So, the higher the social environment, the more the interest of the bride and groom in choosing modern hijab Muslim bridal make-up.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Mari Okatini Armandari, M.K.M. ; 2). Dr. Neneng Siti Silfi Ambarwati, S.Si.Apt.,M.Si.
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 19658 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2023 06:29
Last Modified: 01 Sep 2023 06:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40754

Actions (login required)

View Item View Item