PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS

ANNA HAFSAH, . (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK ANNA HAFSAH. Pengembangan e-modul interaktif berbasis Discovery Learning pada materi fluida statis. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Juli 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul interaktif berbasis Discovery Learning pada materi fluida statis yang valid digunakan untuk siswa SMA kelas XI dalam pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3 tahapan, yaitu tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah produk berupa e-modul interaktif fisika yang dilengkapi dengan fitur pembelajaran yang menggabungkan dua atau lebih teks, grafik, audio, video, atau animasi yang bersifat interaktif, untuk mengendalikan suatu perintah, yang kemudian menimbulkan terjadinya hubungan dua arah antara modul dengan penggunanya. E-modul ini berbasis discovery learning, model pembelajaran ini membimbing siswa untuk mengamati, menanya, bereksperimen, menganalisis dan mengkomunikasikan sehingga pembelajaran mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri berbagai konsep. Berdasarkan hasil uji coba kevalidan produk diperoleh sebesar 93,18% oleh ahli 1, 95,45% oleh ahli 2, 93,18% oleh ahli 3, 90,91%. oleh ahli 4. Sehingga berdasarkan jumlah keseluruhan dari hasil uji kevalidan oleh seluruh validasi ahli diperoleh rata-rata sebesar 93,18% dengan kategori “Sangat Valid”. Oleh karena itu, e-modul interaktif berbasis Discovery Learning pada materi fluida statis valid digunakan dalam pembelajaran fisika. Kata-kata kunci: E-modul intearktif, discovery learning, fluida statis. ABSTRACT ANNA HAFSAH. Development of interactive e-module based on Discovery Learning on static fluid material. Thesis, Physics Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Jakarta. July 2023. This research aims to produce an interactive e-module based on Discovery Learning on static fluid material that is valid to be used for grade XI high school students in physics learning. The method used in this research is the Research and Development (R&D) method with the 4D development model modified into 3 stages, namely the Define, Design, and Develop stages. The results obtained from this research are products in the form of interactive physics e-modules equipped with learning features that combine two or more texts, graphics, audio, video, or animations that are interactive, to control a command, which then causes a two-way relationship between the module and its users. This e-module is based on discovery learning, this learning model guides students to observe, question, experiment, analyze and communicate so that learning directs students to discover various concepts for themselves. Based on the results of the product validity trial, 93.18% was obtained by expert 1, 95.45% by expert 2, 93.18% by expert 3, 90.91%. by expert 4. So that based on the total number of validity test results by all expert validations, an average of 93.18% was obtained in the "Very Valid" category. Therefore, the Discovery Learning-based interactive e-module on static fluid material is valid for use in physics learning. Keywords: Interactive E-module, discovery learning, static fluid.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Sunaryo, M.Si 2). Upik Rahma Fitri, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 19337 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 13:25
Last Modified: 06 Sep 2023 13:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40756

Actions (login required)

View Item View Item