PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DENGAN PENDEKATAN DARING KOLABORATIF MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL UNTUK SISWA SMA

WAHYU SUCI, . (2023) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DENGAN PENDEKATAN DARING KOLABORATIF MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL UNTUK SISWA SMA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan pembelajaran sosiologi dengan pendekatan daring kolaboratif memanfaatkan media sosial Facebook untuk siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D), dengan menggunakan Model Pengembangan Instruksional (MPI) oleh Atwi Suparman (2014), dengan tahapan (1) Mengindentifikasi kebutuhan instruksional dan menulis tujuan instrusional umum, (2) Melakukan analisis instruksional, (3) Mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta, (4) Menulis tujuan instruksional khusus, (5) Menyusun alat penilain hasil belajar, (6) Menyusun strategi instruksional, (7) Mengembangkan bahan instruksional, dan (8) Menyusun desain dan melaksanakan evaluasi formatif. Adapun subjek penelitian adalah 30 peserta didik Kelas XI SMA Negeri 1 Nanggung pada mata pelajaran Sosiologi. Penelitian ini mengkombinasikan teori Self-Determiation Theory (SDT) dengan memanfaatkan media video youtube dan pengelompokan gender dengan penerapan prioritas perempuan pada grup diskusi, dalam upaya untuk meningkatkan motivasi keterlibatan peserta didik laki-laki dalam diskusi kelompok pada pembelajaran daring kolaboratif. Rancangan strategi pembelajaran yang digunakan adalah asinkron mandiri dan asinkron kolaboratif pada pembelajaran daring kolaboratif memanfaatkan grup Facebook. Berdasarkan review ahli desain pembelajaran memperoleh hasil 81,67 dengan predikat sangat baik dan layak digunakan, ahli media memperoleh hasil 77,5 dengan predikat sangat baik dan layak digunakan, ahli materi memperoleh hasil 82 dengan predikat sangat baik dan layak digunakan, dan disertai validasi one-to-one memperoleh hasil 84,44 dengan predikat sangat baik dan layak digunakan. Hasil uji efektivitas terhadap 30 peserta didik dengan hasil rerata pre-tes 56,67, hasil rerata post-tes 85,33 dan hasil rerata N-Gain 0,66 dengan tingkat efektivitas sedang. Hasil efektivitas tersebut menunjukah efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar. Temuan lainnya menunjukan bahwa pengembangan pembelajaran ini dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran daring kolaboratif. Kemudian, penggunaan grup Facebook dapat mendukung pembelajaran daring kolaboratif. Kata Kunci: Pembelajaran daring kolaboratif; Self-Detemiation Theory; pengelompokan gender; media sosial. This study aims to produce a sociology learning design with a collaborative online approach using Facebook social media for high school students. This research is a development research (R&D), by using the Instructional Development Model (MPI) by Atwi Suparman (2014) with stages (1) Identifying instructional needs and writing general instructional objectives, (2) Performing instructional analysis, (3) Identifying behavior and initial characteristics of participants, (4) Writing specific instructional objectives, (5) Developing learning outcomes assessment tools, (6 ) Develop instructional strategies, (7) Develop instructional materials, and (8) Develop designs and carry out formative evaluations. The research subjects were 30 Class XI students at SMA Negeri 1 Nanggung in the subject of Sociology. This study combines the theory of Self-Determination Theory (SDT) by utilizing YouTube video media and gender grouping with the application of women's priority to discussion groups, in an effort to increase the motivation to engage male students in group discussions in collaborative online learning. The design of the learning strategy used is independent asynchronous and collaborative asynchronous in collaborative online learning utilizing Facebook groups. Based on the review, the learning design expert obtained a result of 81.67 with a very good predicate and was feasible to use, media experts obtained a result of 77.5 with a very good predicate and was suitable for use, material experts obtained an 82 result with a very good predicate and was suitable for use, and accompanied by validation one - to-one obtained a result of 84.44 with a very good predicate and is suitable for use. The results of the effectiveness test on 30 students with an average pre-test result of 56.67, a post-test average result of 85.33 and an average N-Gain result of 0.66 with a moderate level of effectiveness. The results of this effectiveness show that it is effective and can improve learning outcomes. Other findings show that the development of this learning can increase student involvement in collaborative online learning. Then, the use of Facebook groups can support collaborative online learning. Keywords: Collaborative online learning; Self-Determination Theory; gender grouping; social media.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Suyitno Muslim, M.Pd 2). Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 19808 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2023 06:15
Last Modified: 01 Sep 2023 06:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40786

Actions (login required)

View Item View Item