PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BERBASIS LITERASI VOKASIONAL PADA KOMPETENSI DASAR MENGHITUNG ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI

Sunita, . (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BERBASIS LITERASI VOKASIONAL PADA KOMPETENSI DASAR MENGHITUNG ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran project berbasis literasi vokasional pada capaian pembelajaran mengestimasi real cost dalam perencanaan bangunan melalui penyusunan RAB, pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi, di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Jakarta dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 56 Jakarta, kelas XI pada jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Penelitian dilakukan mulai pada bulan Maret sampai dengan Agustus 2023. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R & D) dengan model pengembangan 4D. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 32 peserta didik SMK Negeri 1 Jakarta dan 29 peserta didik SMK Negeri 56 Jakarta khususnya program keahlian DPIB. Proses konstruksi sintak model pembelajaran divalidasi oleh masing-masing 3 (tiga) Ahli pada bidang desain pembelajaran, materi, dan bahasa. Hasil analisis validasi diperoleh melalui lembar angket dengan skala Likert yang selanjutnya dianalisis menggunakan konfirmasi validitas isi dengan perhitungan rumus Aiken’s V. Berdasarkan hasil analisis akhir validasi oleh ahli memperoleh nilai validitas sebesar 0,80 (desain pembelajaran), 0,84 (materi), dan 0,79 (bahasa) dan hasil kelayakan diperoleh nilai kelayakan sebesar 84,24 % (desain pembelajaran), 85 % (materi), dan 83,13 % (bahasa) sehingga model pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan. Hasil uji paired T-Test diketahui bahwa terdapat perbedaan skor pengetahuan peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan pada sampel kelas pada uji eksperimen yang dilakukan, nilai yang diperoleh yaitu p=0,001 (p <0,05) yang berarti ada perbedaan skor pengetahuan pada materi yang disampaikan sebelum dan sesudah perlakuan. ***** This study aims to develop a vocational literacy-based learning model for learning achievement in estimating real costs in building planning through the construction of RAB, in the Construction Cost Estimation subject, at State Vocational High School 1 Jakarta and State Vocational High School 56 Jakarta, class XI in the Design major Modeling and Building Information. The research was conducted from March to August 2023. The research method used is the research and development (R & D) method with the 4D development model. The samples used in this study were 32 students of SMK Negeri 1 Jakarta and 29 students of SMK Negeri 56 Jakarta, especially the DPIB expertise program. The learning model syntax construction process was validated by each of 3 (three) Experts in the fields of learning design, materials, and language. The results of the validation analysis were obtained through a questionnaire with a Likert scale which were then analyzed using confirmation of content validity by calculating the Aiken's V formula. Based on the results of the final validation analysis by experts obtaining a validity value of 0.80 (learning design), 0.84 (material), and 0.79 (language) and the feasibility results obtained a feasibility value of 84.24% (learning design), 85 % (material), and 83.13 % (language) so that the learning model developed is included in the very feasible category to use. The results of the paired T-Test test show that there are differences in the scores of students' knowledge before and after treatment in the class sample in the experimental test, the value obtained is p = 0.001 (p <0.05) which means there are differences in the knowledge score on the material studied. delivered before and after treatment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Riyan Arthur, M. Pd. ; 2). R. Eka Murtinugraha, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 18632 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 00:10
Last Modified: 04 Sep 2023 00:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40813

Actions (login required)

View Item View Item