MUHAMMAD PARROK ANDANI, . (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR OTOMOTIF KELAS X OTOMOTIF DI SMKN 34 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (368kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (72kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (72kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pada penelitian yang dilakukan di Kelas X Otomotif Di SMKN 34 Jakarta diketahui bahwa pelaksanaan proses pembelajaran dasar-dasar otomotif secara umum masih berpusat pada guru (teacher centered), peserta didik kurang dilibatkan dalam aktivitas pembelajaran di kelas. Oleh karena itu perlu dikembangkan metode pembelajaran untuk mengiringi pembelajaran yang melibatkan peserta didik. Metode pembelajaran pada mata pelajaran dasar-dasar otomotif yang dapat mengaktifkan peserta didik salah satunya adalah metode discovery. Tujuan penelitian Mengetahui adanya perbedaan metode pembelajaran discovery dan Konvensional terhadap hasil belajar siswa dan Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran discovery dan konvensional. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain penelitian dinamakan True Experemental Deisgn tepatnya yaitu Posttest-Only Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada kelas X Otomotif yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen (KE) dengan menggunakan metode pembelajaran discovery dan kelas kontrol (KK) menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif, yang bentuk pilihan ganda,. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis multiple choice. Sebelum instrumen soal diberikan, soal tersebut telah diuji cobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran tes sebagai instrumen soal. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknis analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis dengan menggunakan bantun SPSS nilai t sebesar 6,98 maka dengan memerhatikan (dk) = n1 + n2 – 2 ditentukan t tabel < t hitung sedangkan sig (2-tailed) bernilai 0,000. Maka dapat dikatakan data dari nilai output menunjukkan bahwa, H0 ditolak yang artinya Ha diterima. disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran discovery yaitu kelas eksperimen dengan siswa yang memakai pembelajaran konvensional yaitu kelas kontrol pada kelas X otomotif di SMK Negeri 34 Jakarta. Peserta didik dengan perlakuan pembelajaran discovery memiliki hasil belajar lebih baik dibandingkan dengan peserta didik dengan perlakuan pembelajaran menggunakan metode konvensional. ***** In research conducted in Class X Automotive at SMKN 34 Jakarta, it was found that the implementation of the learning process for automotive basics in general was still teacher-centered, students were less involved in learning activities in the classroom. Therefore, it is necessary to develop learning methods to accompany learning that involves students. One of the learning methods in automotive basics subjects that can activate students is the discovery method. The purpose of the study Knowing the difference between discovery and conventional learning methods on student learning outcomes and how to improve student learning outcomes using discovery and conventional learning methods. This experimental research uses a research design called True Experemental Deisgn, namely Posttest-Only Control Group Design. This research was conducted in class X Automotive consisting of 2 classes, namely the experimental class (KE) using the discovery learning method and the control class (KK) using conventional learning methods. Data collection techniques using objective tests, which are multiple choice forms,. The instrument used is a multiple choice written test. Before the question instrument is given, the question has been tested to determine the validity, reliability, distinguishing power and difficulty level of the test as a question instrument. The prerequisite test for analysis uses normality and homogeneity tests. Technical data analysis using t-test. Based on the results of the analysis and discussion of the research data, the results of hypothesis testing using SPSS help the t value of 6.98, then taking into account (dk) = n1 + n2 - 2, it is determined that t table < t count while sig (2-tailed) is worth 0.000. So it can be said that the data from the output value shows that, H0 is rejected which means Ha is accepted. It is concluded that there is a significant difference in the learning outcomes of students who follow the discovery learning method, namely the experimental class with students who use conventional learning, namely the control class in class X automotive at SMK Negeri 34 Jakarta. Students with discovery learning treatment have better learning outcomes than students with learning treatment using conventional methods.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Riyadi, M.T. ; 2). Drs. Adi Tri Tyassmadi, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 19038 not found. |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 04:52 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 04:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40854 |
Actions (login required)
View Item |