PENGEMBANGAN BUKU BANTU DIRI UNTUK MENINGKATKAN KELEKATAN AMAN DENGAN MENGGUNAKAN TERAPI YANG BERFOKUS SECARA EMOSI PADA MAHASISWA S1 BIMBINGAN DAN KONSELING DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

PUPUNG SUGITRI, . (2023) PENGEMBANGAN BUKU BANTU DIRI UNTUK MENINGKATKAN KELEKATAN AMAN DENGAN MENGGUNAKAN TERAPI YANG BERFOKUS SECARA EMOSI PADA MAHASISWA S1 BIMBINGAN DAN KONSELING DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1)-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pengembangan media buku bantu diri untuk meningkatkan kelekatan aman dengan menggunakan terapi yang berfokus secara emosi pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Desain Based Research (DBR). Tahapan model yang dilakukan adalah analisis dan eksplorasi, desain dan konstruksi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 59 orang mahasiswa Bimbingan & Konseling angkatan 2019-2021, sebanyak 32 orang mahasiswa memiliki kelekatan penghindaran, 27 orang mahasiswa kelekatan kecemasan, dan tidak satupun mahasiswa memiliki kelekatan aman. Kemudian pada data yang diperoleh dari 39 orang mahasiswa angkatan 2021 yang mengikuti mata kuliah Bimbingan dan Konseling keluarga, mendapatkan hasil 12 orang memiliki kelekatan penghindaran, 11 orang kelekatan kecemasan, dan hanya 13 orang yang memiliki kelekatan aman. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, angket, dan tulisan naratif mahasiswa. Penilaian media dilakukan oleh validator yang terdiri dari ahli media, ahli materi dan 12 orang mahasiswa Bimbingan dan Konseling yang memiliki kelekatan tidak aman. Hasil uji validasi dengan ahli materi mendapat persentase 71% (Layak). Hasil uji validasi dengan ahli media sebesar 71% (Layak). Hasil uji validasi pada kelompok kecil (mahasiswa) mendapat persentase 83% (Sangat Layak) pada penilaian media. Sehingga dapat dinyatakan bahwa media buku bantu diri untuk meningkatkan kelekatan aman dengan menggunakan terapi berfokus secara emosi pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling di Universitas Negeri Jakarta ini “Layak” digunakan. Harapan yang bagi penelitian berikutnya dapat dilanjutkan untuk menguji efektivitas pelaksanaan buku bantu diri untuk membantu mahasiswa Bimbingan dan Konseling meningkatkan kelekatan aman dengan menggunakan buku yang telah dikembangkan ini. ***** The purpose of this study is to develop self-help book media to increase secure attachment by using emotionally focused therapy on Guidance and Counseling students at Jakarta State University. This research uses the Design Based Research (DBR) method. The stages of the model carried out are analysis and exploration, design and construction, evaluation and reflection. The subjects of this study were 59 Guidance & Counseling students class of 2019-2021, as many as 32 students had avoidant attachment, 27 students had anxious/ambivalent attachment, and none of the students had attachment security. Then in the data obtained from 39 students of the class of 2021 who took the Family Guidance and Counseling course, 12 people had avoidant attachment, 11 people had anxious/ambivalent, and only 13 people had secure attachment. Research data collection using interviews, questionnaires, and student narrative writing. The media assessment was carried out by validators consisting of media experts, material experts and 12 Guidance and Counseling students who had insecure attachments. The results of the validation test with material experts got a percentage of 71% (Eligible). The result of the validation test with media experts is 71% (Eligible). The results of the validation test in small groups (students) got a percentage of 83% (Very Feasible) in the media assessment. So it can be stated that the media of self-help books to increase secure attachment by using emotionally focused therapy on Guidance and Counseling students at Jakarta State University is "Worthy" of use. It is hoped that future research can be continued to test the effectiveness of the implementation of self-help books to help Guidance and Counseling students increase secure attachment by using this book that has been developed.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Susi Fitri, M.Si.,Kons. ; 2). Dr. Wirda Hanim, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIP > S2 Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 19787 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:55
Last Modified: 04 Sep 2023 01:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40918

Actions (login required)

View Item View Item