JASMINE RIANI JOHAN, . (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEER TEACHING MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN DALAM SERI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (334kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (356kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran peer teaching seri dasar keterampilan mengajar dengan fokus pada tema mengajar kelompok kecil dan perorangan untuk mata kuliah Kompetensi Pembelajaran di Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode riset dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model penelitian R&D yang digunakan adalah model Four D (4D) dengan melalui empat tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini menggunakan daftar cocok pada instrumen pengempulan data kelayakan produk melalui validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Analisis data validasi ahli menggunakan perhitungan skala likert, serta validasi isi dengan formula Gregory untk mengetahui seberapa valid instrumen tersebut. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa pengembangan media video pembelajaran keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan sangat layak dengan rerata sebesar 3,7. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa pengembangan media video pembelajaran keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan sangat layak dengan rerata sebesar 3,95. Hasil penilaian mahasiswa terhadap penggunaan video pembelajaran keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan mendapatkan hasil sebesar 3,65 dengan kategori sangat bagus. Sehingga video pembelajaran tersebut dapat digunakan pada mata kuliah Kompetensi Pembelajaran. ***** This research aims to develop peer teaching learning video media for a series of basic teaching skills with a focus on the theme of teaching small groups and individuals for the Learning Competency course in Building Engineering Education, Faculty of Engineering, Jakarta State University. The method used in this research is the research and development (R&D) method. The R&D research model used is the Four D (4D) model through four stages, namely Define, Design, Develop, and Disseminate. This study uses a match list as an instrument for collecting product feasibility data through validation carried out by material experts and media experts. Expert validation data analysis uses a Likert scale calculation, as well as content validation with the Gregory formula to find out how valid the instrument is. The results of the validation by material experts show that the development of video media for learning teaching skills in small groups and individuals is very feasible with an average of 3.7. The results of the validation by media experts show that the development of video media for learning teaching skills in small groups and individuals is very feasible with an average of 3.95. The results of student assessments of the use of small group and individual teaching skills learning videos obtained a result of 3.65 in the very good category. So that the learning videos can be used in Learning Competence courses.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr Tuti Iriani, M.Si. ; 2). Drs. Arris Maulana, M.T. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Sipil |
Depositing User: | Users 18978 not found. |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 23:37 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 23:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41010 |
Actions (login required)
View Item |