PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QUR'AN DARING DENGAN METODE PEER TUTORING UNTUK PENGAJAR AL-QUR'AN

RIFDA SHABRINA, . (2023) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QUR'AN DARING DENGAN METODE PEER TUTORING UNTUK PENGAJAR AL-QUR'AN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Guru-guru Al-Qur’an di lembaga ALIF IQRA memiliki kendala karena belum lulus tes membaca Al-Qur’an sehingga mereka tidak dapat mengajar murid-murid pada kelas Al-Qur’an tingkat lanjutan. Untuk itu pembelajaran tahsin Al-Qur’an daring dibutuhkan untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mereka terutama pada materi bacaan-bacaan dengung, meskipun mereka berada di kota yang berbeda. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan pembelajaran tahsin Al-Qur’an tingkat lanjut untuk dewasa yang dilaksanakan secara daring dan menggunakan metode peer tutoring. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang dilakukan menggunakan delapan tahapan dari model pengembangan instruksional (MPI) meliputi: 1) identifikasi kebutuhan instruksional dan menulis tujuan instruksional umum, 2) analisis instruksional, 3) identifikasi perilaku dankarakteristik awal peserta didik, 4) menulis tujuan instruksional khusus, 5) menyusun alat penilaian hasil belajar, 6) menyusun strategi instruksional, 7) mengembangkan bahan instruksional, dan 8) menyusun desain dan melaksanakan evaluasi formatif. Respoden penelitian ini merupakan 14 orang guru di lembaga privat mengaji ALIF IQRA. Berdasarkan hasil uji validasi produk oleh ahli desain pembelajaran diperoleh hasil persentasi sebesar 99% yang berarti rancangan pembelajaran sangat layak untuk digunakan. Kemudian berdasarkan uji validasi produk oleh ahli media pembelajaran diperoleh hasil persentasi sebesar 92% sehingga media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan. Selanjutnya berdsarkan uji validasi produk oleh ahli materi pembelajaran telah diperoleh hasil persentasi sebesar 82% sehingga materi pembelajaran dalam produk yang dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Pada hasil uji efektivitas (hasil uji coba) melalui pre-test dan post-test diperoleh hasil Gain sebesar 56,2% yang menyatakan bahwa pembelajaran tahsin Al-Qur’an daring metode peer tutoring cukup efektif untuk diterapkan. Berdasarkan uji validitas produk dan uji coba tersebut maka dikatakan bahwa pembelajaran tahsin Al-Qur’an daring layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an untuk para guru atau dewasa. Keywords: Model Pengembangan Instruksional; MPI; Pembelajaran daring; Tahsin Al-Qur’an; Peer tutoring

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd. ; 2) Dr. Indina Tarjiah, M.Pd.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 19767 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 05:08
Last Modified: 04 Sep 2023 05:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41025

Actions (login required)

View Item View Item