TINDAK TUTUR DALAM PEMBERIAN UMPAN BALIK LISAN PADA PENULISAN SKRIPSI (Studi Kasus di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Jakarta)

SISWANA, . (2023) TINDAK TUTUR DALAM PEMBERIAN UMPAN BALIK LISAN PADA PENULISAN SKRIPSI (Studi Kasus di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Jakarta). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jawaban penelitian utama secara mendalam yaitu bagaimana tindak tutur dalam pemberian umpan balik lisan pada penulisan skripsi. Lebih khusus, penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian sebagai berikut: jenis tindak tutur, jenis umpan balik lisan berdasarkan unsur skripsi, dan faktor utama dan pendukung dalam membantu penulisan skripsi pada tindak tutur dalam pemberian umpan balik lisan pada penulisan skripsi. Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data berupa transkrip rekaman dosen pembimbing pada saat pemberian umpan balik lisan dalam penulisan skripsi dengan mahasiswa dan wawancara berupa kata, frase, klausa, or kalimat. Temuan pertama, jenis tindak tutur dalam pemberian umpan balik lisan pada penulisan skripsi yaitu sebanyak 15 bentuk tindak tutur, yaitu: bertanya, menyuruh, melarang, menyetujui, menyarankan, menunjukkan, menjelaskan, memuji, mengonfirmasi, menyanggah, bingung, merendahkan, meminta maaf, menyatakan tidak enak, dan menyatakan tidak suka. Lima belas bentuk tindak tutur dikategorikan ke dalam tiga jenis tindak tutur: lokusi (menjelaskan, bingung, menyatakan tidak enak, dan menyatakan tidak suka); ilokusi (asertif/representatif, direktif, dan ekspresif. Jenis tindak tutur ilokusi asertif/representatif (menjelaskan dan bingung; direktif (bertanya, menyuruh, melarang, menyetujui, menyarankan, dan menunjukkan); ekspresif (memuji, mengonfirmasi, menyanggah, merendahkan, meminta maaf, menyatakan tidak enak, dan menyatakan tidak suka); dan perlokusi: bertanya, menyuruh, melarang, menyetujui, menyarankan, memuji, merendahkan, menyatakan tidak enak, dan menyatakan tidak suka). Sedangkan tindak tutur ilokusi deklaratif dan komisif tidak ditemukan. Temuan kedua, jenis umpan balik pada tindak tutur dalam pemberian umpan balik lisan pada penulisan skripsi, yaitu ada dua, umpan balik umum dan umpan khusus, lebih lanjut dikelompokkan berdasarkan unsur skripsi. Temuan ketiga, faktor utama dan pendukung tindak tutur dalam pemberian umpan balik lisan dalam membantu penulisan skripsi. Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa implikasi, tindak tutur dosen pembimbing dalam pemberian umpan balik lisan pada penulisan skripsi. Kata Kunci: jenis tindak tutur, lokusi, ilokusi, perlokusi, umpan balik lisan, unsur skripsi. Speech Acts in Providing Oral Feedback in Thesis Writing (Case Study in the English Education Study Program in Jakarta) This study aimed to obtain in-depth main research answers, namely how speech acts in giving verbal feedback in thesis writing. More specifically, this study aimed to answer the following research questions: the types of speech acts, types of oral feedback based on thesis elements, and the main and supporting factors in assisting thesis writing on speech acts in providing oral feedback in thesis writing. The research used was qualitative with a case study method. The data was in the form of recordings transcripts of supervisors when providing oral feedback in thesis writing with students and interviews in the form of words, phrases, clauses, or sentences. The first finding, the types of speech acts in providing oral feedback in thesis writing were as many as 15 forms of speech acts, namely: asking, ordering, forbidding, approving, suggesting, showing, explaining, praising, confirming, rebutting, confused, condescending, apologizing, expressing displeasure, and expressing dislike. Fifteen forms of speech acts, then, were categorized into three types of speech acts: locutionary (explaining, being confused, expressing displeasure, and expressing dislike); illocutionary (assertive/representative, directive, and expressive. Types of illocutionary acts assertive/representative (explaining and confusing; directive (asking, ordering, prohibiting, approving, suggesting, and showing); expressive (praising, confirming, refuting, condescending, requesting sorry, expressing displeasure, and expressing displeasure); and perlocutionary: asking, ordering, forbidding, agreeing, suggesting, praising, condescending, expressing displeasure, and expressing dislike). Meanwhile, declarative and commissive illocutionary speech acts were not found. The second finding, the types of feedback on speech acts in providing oral feedback in thesis writing, namely there were two, general and specific feedback, and then were further grouped based on thesis elements. The third finding, the main and supporting factors of speech acts in providing oral feedback in assisting thesis writing were found. Based on this research, there are several implications, the supervisor's speech acts in providing verbal feedback on thesis writing. Keywords: speech acts types, locutionary, illocutionary, perlocutionary, oral feedback

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Fathiaty Murtadho, M. Pd.; 2) Prof. Dr. Zainal Rafli, M. Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 19624 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:57
Last Modified: 04 Sep 2023 04:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41028

Actions (login required)

View Item View Item