PENILAIAN E-MODUL PEMBUATAN POLA BUSANA BOLERO MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA CUSTOM MADE

SARAH MONICA, . (2023) PENILAIAN E-MODUL PEMBUATAN POLA BUSANA BOLERO MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA CUSTOM MADE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian dari media pembelajaran e-modul pada materi pembuatan pola busana bolero mata pelajaran Pembuatan Busana Custom Made. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan desain one shot case study menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data melalui tahap penyebaran instrumen penilaian berdasarkan karakteristik modul dengan aspek pembelajaran diri (self instructional), satu kesatuan (self contained), berdiri sendiri (stand alone), menyesuaikan diri (adaptive), dan ramah pengguna (user friendly) dan elemen mutu modul yang terdiri dari aspek format, organisasi, daya tarik, bentuk dan ukuran huruf, ruang kosong dan konsistensi. Hasil penelitian menyatakan bahwa penilaian berdasarkan karakteristik modul yang baik mendapatkan persentase sebesar 87% dan penilaian berdasarkan elemen mutu modul mendapatkan persentase sebesar 95%. Maka secara keseluruhan penilaian e-modul pembuatan pola busana bolero mata pelajaran Pembuatan Busana Custom Made berada pada kategori sangat baik dengan mendapatkan persentase sebesar 90%, sehingga e-modul ini sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi pembuatan pola busana bolero mata pelajaran Pembuatan Busana Custom Made. ***** This study aims to determine the assessment of the e-module learning media on the material for making bolero dress patterns in the subject of Making Custom Made Clothing. The research method used is an experiment with a quantitative approach. The type of experimental research used was Pre-Experimental with a one shot case study design using descriptive quantitative data analysis techniques. Data collection procedures through the stage of distributing assessment instruments based on the characteristics of the module with self-instructional, self-contained, stand-alone, adaptive, and user-friendly aspects and quality elements module consisting of aspects of format, organization, appeal, font shape and size, white space and consistency. The results of the study stated that assessments based on good module characteristics earned a percentage of 87% and assessments based on module quality elements earned a percentage of 95%. So overall the evaluation of the e-module for making bolero dress patterns in the subject of Custom Made Clothing is in the very good category with a percentage of 90%, so this e-module is very suitable for use as a learning medium for the subject of making bolero dress patterns Custom Made Clothing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suryawati, M.Si. ; 2). Yeni Sesnawati, S.Pd., M.T.
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 19936 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 23:19
Last Modified: 04 Sep 2023 23:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41056

Actions (login required)

View Item View Item