PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PERAGA REAKSI PERLETAKAN SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK (STUDI KASUS SMKN 26 JAKARTA)

NABIH NAUFAL MAHIR, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PERAGA REAKSI PERLETAKAN SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK (STUDI KASUS SMKN 26 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (723kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa alat peraga pada mata pelajaran Mekanika Teknik di jurusan Konstruksi Gedung, Sanitasi, dan Perawatan SMKN 26 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Development, Design, Implementation, and Evaluation. Penelitian ini diawali dengan mengumpulkan data melalui analisa kebutuhan, uji validasi produk oleh ahli, serta uji coba terbatas untuk mengetahui penilaian peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai kelayakan yang diberikan oleh validator materi terhadap alat peraga menyatakan sangat layak dengan persentase 96% dan hasil kelayakan yang diberikan oleh validator media terhadap alat peraga menyatakan sangat layak dengan persentase 96%. Sedangkan, hasil penilaian yang diberikan peserta didik terhadap alat peraga menyatakan 89% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil kelayakan dan uji coba terbatas, dapat disimpulkan bahwa alat peraga reaksi perletakan sederhana dapat meningkatkan hasil belajar dan digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran Mekanika Teknik di SMKN 26 Jakarta. ***** This research aims to develop a learning medium in the form of a teaching aid for the subject of Engineering Mechanics in the Construction, Sanitation, and Maintenance Department of SMKN 26 Jakarta. The method used in this research is a development study using the ADDIE development model, which consists of the following stages: Analysis, Development, Design, Implementation, and Evaluation. The research begins with data collection through needs analysis, product validation by experts, and limited trials to assess students' evaluation of the developed product. The results of this research show that the feasibility ratings given by material validators for the teaching aids are stated to be very feasible with a percentage of 96%, and the feasibility results given by media validators for the teaching aids are also stated to be very feasible with a percentage of 96%. Meanwhile, the assessment results given by students for the teaching aid show 89% with a category of very good. Based on the validity and limited trials, it can be concluded that the simple reaction placement teaching aid can improve learning outcomes and be used in teaching the subject of Engineering Mechanics at SMKN 26 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Anisah, M.T ; 2). Dr. Tuti Iriani, M.Si.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 19343 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 23:22
Last Modified: 04 Sep 2023 23:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41078

Actions (login required)

View Item View Item