AZRIL MOHSEN ESMALI, . (2023) EFEKTIVITAS PROGRAM ONE YEAR ONE JUZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL QUR’AN DI SMPIT AL-ITQON. Sarjana thesis, Universitas Negri Jakarta.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB1.pdf.pdf Download (277kB) |
|
Text
BAB2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text
BAB3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text
BAB4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) | Request a copy |
|
Text
BAB5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (243kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak Azril Mohsen Esmali, Efektivitas Program One Year One Juz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di SMPIT Al-Itqon Bogor, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negri Jakarta, 2023 Menghafal Al-Qur’an sangat penting sebagai salah satu bentuk kecintaan hamba kepada sang Khaliq, juga salah satu bentuk usaha kita mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa Ta’ala, dan kandungan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai pedoman hidup untuk diamalkan dalam sehari-hari. diharapkan dengan adanya upaya-upaya tersebut, pembelajaran tahfidz Quran di Indonesia dapat terus meningkatkan kualitasnya dan menjadikan para siswa mampu menghafal dan memahami ayat-ayat suci Quran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiakan dan menganalisis efektivitas program One Year One Juz dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an di SMPIT AL-ITQON. Teori yang digunakan adalah teori efektivitas Pembelajaran menurut Miarso dan teori Pembelajaran tahfidz menurut sa’dulloh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskripttif dengan pendekatan studi kasus dengan melibatkan Pendidikan di SMPIT AL-ITQON Bogor dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah para pengajar tahfidz dan siswa kelas IX. Hasil dari penelitian ini yaitu ada tiga aspek dalam menghafalkan Al�Qur’an, pertama pada aspek kelancaran terbilang efektif karena dari peserta didik meraskan ketika kelancaran dalam membaca Al-Qur’an di dapatkan maka ketika ingin menghafal dan mengulang hafalan akan lebih mudah dan lebih cepat adapun metode yang digunakan pada aspek kelancaran ini dalam melancarkan hafalan dan bacaan siswa menggunakan metode takrir, selanjutnya pada aspek makhorijul huruf terbilang efektif karena dari peserta didik merasakan ketika menghafalkan Al�Qur’an dengan pengucapan yang baik dan makhorijul huruf yang benar maka akan memperkuat artikulasi setiap huruf-huruf dengan lebih jelas, mengurangi kesalahan dalam pengucapan huruf yang serupa secara tajwid, dan memperkuat ingatan dalam mengaitkan suara dengan bentuk huruf adapun metode yang digunakan pada aspek makhorijul huruf ini menggunakan metode tahsin, selanjutnya pada aspek fashahah terbilang efektif karena dengan fashah dalam membaca Al-Qur’an peserta didik merasakan dapat menghafal ayat-ayat dengan lebih cepat, mempermuda pengulangan dalam membaca Al-Qur’an, meningkatkan pemahaman tajwid, dan meningkatkan konsentrasi adapun metode yang digunakan pada aspek fashaha ini menggunakan metode talaqqi. Kata kunci: Efektivitas, Pembelajaran Tahfidz, SMPIT Al-Itqon Abstract Azril Mohsen Esmali, The Effectiveness of the One Year One Juz Program in Improving Qur'an Memorization at SMPIT Al-Itqon Bogor, Islamic Education Study Program, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta, 2023 Memorizing the Qur'an is very important as a form of servant love for the Khaliq, also one form of our efforts to get closer to Allah subhanahu wa Ta'ala, and the content of Qur'anic verses as a guide to life to be practiced in everyday life. It is hoped that with these efforts, learning Quran tahfidz in Indonesia can continue to improve its quality and make students able to memorize and understand the holy verses of the Quran well. This study aims to describe and analyze the effectiveness of the One Year One Juz program in improving memorization of the Qur'an at SMPIT AL-ITQON. The theory used is the theory of the effectiveness of learning according to Miarso and the theory of tahfidz learning according to sa'dulloh. The research method used is descriptive qualitative research with a case study approach involving education at SMPIT AL-ITQON Bogor and students. The objects in this study are tahfidz teachers and grade IX students. The result of this study is that there are three aspects in memorizing the Qur'an, first in the aspect of fluency is fairly effective because of the students feel when fluency in reading the Qur'an obtained then when you want to memorize and repeat memorization will be easier and faster As for the method used in this aspect of fluency in launching memorization and reading students using the Takrir method, then in the aspect of makhorijul letters is fairly effective because from students feel when memorizing the Qur'an with good pronunciation and makhorijul the correct letters it will strengthen the articulation of each letter more clearly, reduce errors in the pronunciation of similar letters in tajweed, and strengthen memory in associating sounds with letter shapes As for the method used in the makhorijul aspect of this letter in smoothing and strengthening students' memorization and reading using the tahsin method, then in the aspect of fashahah is fairly effective because with fashah in reading the Qur'an students feel they can memorize verses more quickly, Rejuvenate repetition in reading the Qur'an, improve understanding of tajweed, and improve concentration The method used in the fashaha aspect of this letter in smoothing and strengthening students' memorization and recitation using the talaqqi method. Keywords: Effectiveness, Tahfidz Learning, SMPIT Al-Itqon
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Andy Hadiyanto, M.A. 2). M.Rudi Barnansyah, M.Pdi. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 19445 not found. |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 07:01 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 07:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41099 |
Actions (login required)
View Item |