PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SMA NEGERI 109 JAKARTA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK

MIFTAH HULJANATI, . (2023) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SMA NEGERI 109 JAKARTA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (774kB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah SMA Negeri 109 Jakarta dalam mengimplementasikan Program Sekolah Penggerak (PSP). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu dengan cara peneliti mengamati dan berinteraksi secara langsung dengan kepala sekolah melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) sebagai manajer, kepala sekolah berperan untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap seluruh program sekolah serta kepala sekolah juga memberdayakan guru, staff sekolah, peserta didik, orang tua murid, komite sekolah, warga sekitar sekolah dengan mengadakan program pendampingan, pelatihan, pameran projek, dan workshop. (2) sebagai motivator, kepala sekolah memberikan dorongan berupa semangat, penghargaan, menjadi role model kedisiplinan yang baik, memberikan pengembangan karir kepada guru dan staff sekolah, mengadakan pengatuan lingkungan fisik sekolah yang nyaman dan aman. (3) sebagai supervisor, kepala sekolah merencanakan, dan melakukan supervisi kunjungan kelas yang difokuskan pada pembelajaran berdiferensiasi, melakukan refleksi di forum grup diskusi sekolah dan menindaklanjuti perbaikan serta melakukan penguatan implementasi PSP, sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan mutu pendidikan di SMA Negeri 109 Jakarta. ***** This study aims to describe the role of principal leadership at SMA Negeri 109 Jakarta in the implementation mover school program. This type of research is field research using descriptive qualitative research methods, namely by observing and interacting directly with school principals through interviews, observation and documentation. The results of this study indicate that: (1) as a manager, the principal role is to plan, organize, implement, and supervise all school programs and the principal also empowers teachers, school staff, students, parents, school committee, residents around the school by holding mentoring programs, training, project exhibitions, and workshops. (2) as a motivator, the principal provides encouragement in the form of enthusiasm, appreciation, being a good disciplinary role model, providing career development to teachers and school staff, organizing a comfortable and safe school physical environment. (3) as a supervisor, the school principal plan and supervise class visits focused on differentiated learning, reflects in school discussion group forums and follows up on improvements and strengthens PSP implementation, so as to improve the quality of education services at SMA Negeri 109 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sugiarto, MA. ; 2). Amril Muhammad, SE, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 19914 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:46
Last Modified: 06 Sep 2023 01:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41107

Actions (login required)

View Item View Item