Landeskunde dalam Buku Ajar Grüß Dich!

RIDA TRIANTI, . (2019) Landeskunde dalam Buku Ajar Grüß Dich! Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER-2615133002.pdf

Download (206kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
ZUSAMMENFASSUNG.pdf

Download (326kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (477kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (163kB)

Abstract

ABSTRAK Rida Trianti. Landeskunde dalam Buku Ajar Grüß Dich!. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Desember. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai unsur Landeskunde yang terdapat dalam buku ajar Grüß Dich! karya Helmi Rosana dan Willia Sjarief. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan teknik kualitatif. Data yang diteliti berupa materi yang mencakup teks, latihan dan bagian Selbstevalutionen pada setiap Lektion yang terdapat dalam buku ajar Grüß Dich!. Berdasarkan analisis yang dilakukan diketahui bahwa terdapat beberapa unsur Landeskunde yang ditemukan pada hampir semua Lektion dalam buku ajar Grüß Dich!, yakni Feste, Sitten und Gebräuche, Kunst, Musik, unsur Literatur berupa gambar, serta andere Verhältnisse im eigenen Land. Selanjutnya, unsur Landeskunde yang dapat ditemukan hanya pada dua Lektion, yakni Jugendkultur, besondere Beziehungen deutschsprachiger Länder zum eigenen Land dan Sitten und Bräuche im eigenen Land, sedangkan unsur Landeskunde yang ditemukan hanya pada satu Lektion, yaitu Film dan Wirtschaft im eigenen Land. Berdasarkan hasil penelitian diketahui juga bahwa terdapat beberapa unsur Landeskunde yang sama sekali tidak ditemukan dalam buku ajar tersebut, yakni Theater, Alternativkultur, Gedichte, Kurzgeschichten, serta Soziale Sicherung im eigenen Land. Dari hasil analisis data, jumlah unsur Landeskunde yang terdapat dalam buku ajar Grüß Dich! lebih banyak dibandingkan jumlah unsur Landeskunde yang tidak terdapat dalam buku ajar tersebut sehingga menunjukkan bahwa buku ini dapat digunakan oleh pengajar bahasa Jerman sebagai buku pegangan untuk mengajar dengan Kurikulum 2013. Kata kunci: Landeskunde, Buku Ajar. ABSTRACT Rida Trianti. Landeskunde in Textbook Grüß Dich!. Thesis. Jakarta: German Language Education Study Program, Language and Art Faculty, Jakarta State University. December 2019. The purpose of the study was to identify the elements of Landeskunde contained in the textbook Grüß Dich! by Helmi Rosana and Willia Sjarief. The method used in this research is descriptive qualitative. The data were the textbook’s material which included texts, tasks and self-evaluation sections in every chapter contained in the textbook Grüß Dich!. The result showed that the Landeskunde elements contained in the textbook Grüß Dich! by Helmi Rosana and Willia Sjarief included the following: Feste, Sitten und Gebräuche, Kunst, Music, Film and Jugendkultur, Literatur elements in the form of pictures, besondere Beziehungen deutschsprachiger Länder zum eigenen Land, Sitten und Bräuche im eigenen Land, Wirtschaft im eigenen Land, and the last andere Verhältnisse eigenen Land. Based on the research results, it can also be seen that there were several elements of Landeskunde which cannot be found in this textbook at all, these Landeskunde elements included: Theater, Alternativkultur, Gedichte, Kurzgeschichten, and Soziale Sicherung im eigenen Land. From the result of the data analysis, the amount of Landeskunde contained in the textbook Grüß Dich! are more than the amount that are not in this textbook, so that this shows that this textbook can be used by German language teachers as handbooks for teaching with the 2013 Curriculum. Keywords: Landeskunde, textbook.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dra. Santiah, M.Pd 2. Dra. Azizah Hanoum Siregar, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 1191 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2020 12:59
Last Modified: 11 Mar 2020 12:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4112

Actions (login required)

View Item View Item