PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DISKRI MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

NUKE LU'LU UL CHUSNA S, . (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DISKRI MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (927kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (474kB)

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Spasial terhadap Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan perlakuan treatment by level 2 x 2, yaitu terdiri dari Strategi Pembelajaran (A), dimana terdiri dari dua kelompok kelas, yaitu kelompok kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan Strategi Inkuiri (A1) serta kelompok kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan Strategi Ekspositori (A2), dan Kecerdasan Spasial (B) yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok Kecerdasan Spasial Tinggi (B1) dan kelompok Kecerdasan Spasial Rendah (B2). Hasil Uji yang digunakan adalah dengan Uji ANAVA Dua Jalur, dan temuan dari hipotesis pertama adalah bahwa, diperoleh Fhitung = 9.5 > Ftabel = 4.45 pada α=0.05, maka hipotesis statistik tolak H0, berarti terdapat perbedaan hasil belajar matematika mahasiswa yang diberikan perlakuan strategi pembelajaran inkuiri dengan hasil belajar matematika mahasiswa yang diberi perlakuan strategi pembelajaran ekspositori. Hasil uji hipotesis kedua, diperoleh Fhitung = 0.236 < Ftabel = 4.45, maka hipotesis statistiknya terima H0, hal ini menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara Strategi Pembelajaran dengan Kecerdasan Spasial. Hipotesis ketiga, tidak ada uji lanjut hipotesis, dikarenakan hasil uji hipotesis kedua tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan spasial. Begitu pula dengan hipotesis keempat, tidak ada uji lanjut hipoteisis, dikarenakan hasil uji hipotesis kedua tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan spasial. Kesimpulan dari penelitian adalah hasil belajar matematika diskrit mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika diskrit mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, tidak adanya pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan kecerdasan spasial terhadap hasil belajar matematika diskrit, tidak ada uji lanjut pada hipotesis ketiga dan hipotesis keempat, dikarenakan uji hipotesis kedua tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan spasial The aim of this study is to learn about the influence of learning strategies and spatial intelligence on mathematical learning outcomes. The study is an experimental study using a treatment by level 2 x 2 treatment scheme, consisting of Learning Strategy (A), which consists of two class groups, namely, the experimental class group that is treated with Inquiry Strategies (A1) and the control class group which is Treated with Expository Strategies(A2) and the spatial intelligence group (B) that is composed of two groups namely the High Space Intelligence (B1) group and the Low Spatial Intelligence group. (B2). The result of the test used is with the ANAVA Two-Way Test, and the finding of the first hypothesis is that obtained Fcal = 9.5 > Ftable = 4.45 at α=0.05, then the statistical hypothetical rejection H0, which means there is a difference between the mathematical learning outcomes of the student given the treatment of the inquiry learning strategy and the learning outcome of the students given the exponential learning strategy. The second hypothetical test result, obtained Fcal = 0.236 < Ftable = 4.45, then the statistical hypothesis received H0, this suggests that there is no interaction between Learning Strategy and Spatial Intelligence. In the third hypothesis, there is no further test of the hypotheses, since the second hypothesis test results have no influence on the interaction between learning strategies and spatial intelligence. The conclusion of the study was that the discreet mathematical learning outcomes of students studied with inquiry learning strategies were higher compared to the discrete mathematics learning outcome of students studying with expository learning strategy, there was no influence of the interaction between the learning strategy with spatial intelligence on the learning output of discrete mathematic intelligence, there were no further tests on the third and fourth hypotheses because the second hypothesis test had no influences on the interactions between learning strategy and space intelligence.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zulfiati Syahrial, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Nurdin Ibrahim, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 19441 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:01
Last Modified: 06 Sep 2023 06:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41132

Actions (login required)

View Item View Item