HANY DAMAR MULYA PUTRI, . (2023) SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL SMPN 3 TANGERANG SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (500kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (426kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang sistem penjaminan mutu internal SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Pokok masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem penjaminan mutu internal SMP Negeri 3 Tangerang Selatan dan kendala apa saja yang dihadapi dalam penjaminan mutu internal pada SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Penelitian ini berfokus pada 4 siklus SPMI yaitu: pemetaan mutu, perencanaan, pelaksanaan dan monitoring dan evaluasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui secara mendalam mengenai Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMI) SMPN 3 Tangerang Selatan. Dengan tujuan khusus untuk mengetahui Langkah – Langkah yang dilakukan oleh sekolah dalam upaya memenuhi 8 standar Pendidikan dan meningkatkan mutu Pendidikan pada sekolah dengan melakukan proses kegiatan penjaminan mutu yang dilakukan dengan membentuk tim penjaminan mutu yang dilakukan secara internal. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yakni untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian secara holistik dengan cara mendeskripsikan dan mengumpulkan data melalui Informan Kunci dan Informan Pendukung lainnya serta pengamatan langsung ke lapangan dengan teknik wawancara dan observasi 1 orang sebagai Informan Kunci dan 4 orang sebagai informan pendukung. Berdasarkan hasil penelitian tentang sistem penjaminan mutu internal di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan sudah berjalan kurang lebih sejak tahun 2017 dan terus mengalami peningkatan dan budaya mutu yang baik. Namun, kendala tetap lah dialami dalam pelaksanaan prosesnya, tetapi sekolah dapat berupaya semaksimal mungkin untuk mengatasi kendala tersebut dengan berfokus kepada standar mutu yang harus terus ditingkatkan. SPMI DI SMPN 3 yang pertama menggunakan beberapa indikator seperti Sistem mandiri, Terstandar, Akurat, Sistematik dan berkelanjutan, dokumentasi. Yang kedua dapat dilihat dari faktor pendukung dan penghambat dalam Sistem penjaminan mutu internal yang ada di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan yang menjadi patokan sebelum melakukan evaluasi dalam meningkatkan mutu yang ada di sekolah ini. dan harus menggunakan dan menentukan target yang sesuai dalam pengembangan mutu atau kualitas sekolah yang ada di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. ***** This thesis discusses the internal quality assurance system for SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. The main issues raised in this study are how the internal quality assurance system is at SMP Negeri 3 Tangerang Selatan and what obstacles are encountered in internal quality assurance at SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. This research focuses on 4 SPMI cycles, namely: quality mapping, planning, implementation and monitoring and evaluation. The purpose of this study is to find out in depth about the Education Quality Assurance System (SPMI) of SMPN 3 South Tangerang. With the specific aim of knowing the steps taken by the school in an effort to meet the 8 educational standards and improve the quality of education in schools by carrying out the process of quality assurance activities carried out by forming a quality assurance team which is carried out internally. In this study, the authors used a qualitative approach with a descriptive method, namely to understand the phenomena of what the research subjects experienced holistically by describing and collecting data through key informants and other supporting informants as well as direct field observation using interview techniques and one person as an informant. Key and 4 people as supporting informants. Based on the results of research on the internal quality assurance system at SMP Negeri 3 Tangerang Selatan, namely: implementation of quality mapping cycles, fulfillment plans, implementation of compliance. And monitoring and evaluation of fulfillment activities at SMPN 3 has been running more or less since 2017 and continues to experience improvements and a culture of good quality. However, obstacles are still experienced in implementing the process, but schools can make every effort to overcome these obstacles by focusing on quality standards that must be continuously improved. The first SPMI at SMPN 3 used several indicators such as independent, standardized, accurate, systematic and sustainable systems, documentation. The second can be seen from the supporting and inhibiting factors in the internal quality assurance system in SMP Negeri 3 Tangerang Selatan which is the benchmark before conducting evaluations in improving the quality in this school. and must use and determine appropriate targets in developing the quality or quality of schools in SMP Negeri 3 Tangerang Selatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Suryadi, ; 2). Dr. Siti Zulaikha, S.Ag., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 20018 not found. |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 00:14 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 00:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41177 |
Actions (login required)
View Item |