KORELASI ANTARA PEMBIASAAN TADARUS AL-QUR'AN DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 59 JAKARTA

NILAM LESTARI PANE, . (2023) KORELASI ANTARA PEMBIASAAN TADARUS AL-QUR'AN DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 59 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVERR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Nilam Lestari Pane, Korelasi Antara Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 59 Jakarta. Jakarta: Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan membaca al-qur’an peserta didik dan (2) proses pembiasaan tadarus al-qur’an di SMA Negeri 59 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 59 Jakarta dengan jumlah 65 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan tes kemampuan membaca al-qur’an. Sedangkan untuk uji analisis menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembiasaan tadarus al-qur’an dapat memberikan hubungan yang signifikan dengan kemampuan membaca al-qur’an peserta didik kelas XI di SMA Negeri 59 Jakarta, hal ini dibuktikan dari hasil uji koefisien korelasi dengan hasil rhitung lebih besar dari rtabel (0,702 > 0,244) dengan signifikansi kurang dari 0,05 (0,00 < 0,05) dan termasuk dalam kategori kuat. Sedangkan pembiasaan tadarus al-qur’an peserta didik kelas XI termasuk pada kategori sedang (70,8%) dan kemampuan membaca al-qur’an peserta didik kelas XI termasuk pada kategori sedang (80%). Untuk kontribusi pembiasaan tadarus al-qur’an terhadap kemampuan membaca al-qur’an peserta didik memberikan kontribusi sebesar 49,3% dan 50,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas oleh peneliti. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pembiasaan tadarus al-qur’an terhadap kemampuan membaca al-qur’an. Kata kunci: Pembiasaan, Kemampuan Membaca, Al-qur’an. ABSTRACT Nilam Lestari Pane, The Effect of Al-Qur'an Tadarus Habituation on the Ability to Read the Al-Qur'an of Class XI Students at SMA Negeri 59 Jakarta. Jakarta: Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2023. This study aims to determine: (1) students' ability to read the Koran and (2) the habituation process of reciting the Koran at SMA Negeri 59 Jakarta. This study used a correlational quantitative research method with a sampling technique using purposive sampling in class XI students at SMA Negeri 59 Jakarta with a total of 65 respondents. Data collection techniques in this study used questionnaires and tests of the ability to read the Koran. As for the analysis test using the validity test, reliability test, normality test, linearity test, correlation test, and test the coefficient of determination. The results showed that the habit of reciting the Koran can provide a significant relationship with the ability to read the Koran for class XI students at SMA Negeri 59 Jakarta, this is evidenced from the results of the correlation coefficient test with the results that rcount is greater than rtable 0.702 > 0.244) with a significance of less than 0.05 (0.00 <0.05) and is included in the strong category. While the habit of reciting the Koran for class XI students is included in the medium category (70.8%) and the ability to read the Koran for class XI students is included in the medium category (80%). For the influence of the habituation of Al-Qur'an recitation on the ability to read the Qur'an, students contributed 49.3% and the other 50.7% were influenced by other factors that were not discussed by the researcher. So it can be concluded that there is a relationship between the habit of tadarus al-Qur'an to the ability to read the Qur'an. Keywords: Ability to Read, Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muhammad Ridwan Effendi, M. Ud. 2). Yusuf Ismail, S.Ag., M.Ag.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 18886 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2023 00:43
Last Modified: 05 Oct 2023 00:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41190

Actions (login required)

View Item View Item