PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MATA KULIAH ORIENTASI BARU DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN DI PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

AHMAD ZULFA MUSYAFFA MADJID, . (2023) PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MATA KULIAH ORIENTASI BARU DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN DI PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
A. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. Bab I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
C. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
D. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
E. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
F. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text
G. Daftar Pustaka.pdf

Download (266kB)
[img] Text
H. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Blended Learning untuk Mata Kuliah Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan di Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan blended learning berdasarkan model Integrative Learning Design Framework dengan pendekatan Contextual Teaching Learning berupa LMS dan Panduan blended learning. Penelitian ini melalui tiga tahapan yakni eksplorasi, penyusunan, serta evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, dengan responden yakni ahli desain pembelajaran 1 orang, ahli media 1 orang, ahli materi 1 orang, responden pada tahap one-to-one 4 orang, dan responden pada tahap small group berjumlah 8 orang.Pada tahap (1) tahap eksplorasi: melakukan eksplorasi mengenai informasi-informasi yang dapat dijadikan rujukan untuk pengembangan desain pembelajaran blended; (2) tahap penyusunan: melakukan penyusunan terhadap produk yang dikembangkan, merujuk pada hasil dalam tahap eksplorasi berupa desain pembelajaran blended, prototype media pembelajaran serta penyusunan keseluruhan program blended learning; dan (3) tahap evaluasi: melakukan uji coba atau evaluasi untuk mengetahui hasil pengembangan yang telah dilakukan. Hasil ujicoba produk pengembangan pada tahap expert review ahli desain pembelajaran menunjukkan kategori baik dengan persentase 87.9%, hasil expert review media menunjukkan hasil yang baik dengan persentase 84,75%, hasil expert review materi menunjukkan hasil yang baik dengan persentase 87,9%, hasil ujicoba one-to-one pada 4 mahasiswa menunjukkan hasil dengan kategori “sangat baik” yang ditunjukkan dengan rata-rata produk hasil ujicoba sebesar 4,39, dan hasil ujicoba Small Group pada 8 mahasiswa menunjukkan hasil dengan kategori “sangat baik” yang ditunjukkan dengan rata-rata produk hasil ujicoba sebesar 4,38. Dan hasil Pretest dan post-test menunjukan hasil 58,3%. Oleh karena itu secara umum produk yang dihasilkan dapat dijadikan model pembelajaran yang efektif. hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan Blended Learning dengan pendekatan contextual teaching learning dapat dikatakan sangat baik dalam memfasilitasi proses pembelajaran pada mata kuliah Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan. The purpose of this research is to develop blended learning based on the Integrative Learning Design Framework model with a Contextual Teaching Learning approach through three stages, namely exploration, preparation, and evaluation. This research was conducted at the Master of Educational Technology Study Program, State University of Jakarta, with respondents, namely 1 learning design expert, 1 media expert, 1 material expert, 4 respondents at the one-to-one stage, and 8 respondents at the small group stage. This research was conducted using the development research method consisting of three stages, namely (1) exploration stage: exploring information that can be used as a reference for the development of blended learning design; (2) drafting stage: drafting the developed product, referring to the results in the exploration stage in the form of blended learning design, learning media prototype and the preparation of the entire blended learning program; and (3) evaluation stage: conducting trials or evaluations to determine the results of the development that has been carried out. The results of the development product trial at the expert review stage of the learning design expert showed a good category with a percentage of 87.9%, the results of the media expert review showed good results with a percentage of 84.75%, the results of the material expert review showed good results with a percentage of 87.9%, the results of the one-to-one trial showed results in the "very good" category as indicated by the average test product of 4.39, and the results of the Small Group trial showed results in the "very good" category as indicated by the average test product of 4.38. And the results of the Pretest and post-test showed a result of 58.3%. The implication of the results of this study is that in general the product can be an intervention to facilitate learning through learning design with a blended format. Based on the limitations that exist in previous learning that still applies a full faceto-face format, this blended learning offers a solution to solve these limitations through the provision of online learning materials so that students can learn effectively.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1. Prof. Dr, Robinson Situmorang, M.Pd. 2. Dr. Indina Tarjiah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 19763 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:45
Last Modified: 06 Sep 2023 01:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41242

Actions (login required)

View Item View Item