PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATERI PAI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 58 JAKARTA

BETANDA FAZRI AL-AYUBHY, . (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATERI PAI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 58 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Betanda Fazri AL-Ayubhy, Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Materi Wali Songo Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 58 Jakarta. Banyaknya siswa yang kurang memahami materi walisongo dikarenakan model pembelajaran yang digunakan dirasa kurang tepat sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empirik tentang apakah terdapat perubahan yang signifikan ketika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tornament (TGT) terhadap hasil belajar pada ranah kognitif dalam materi wali songo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori hasil belajar taksonomi Bloom pada ranah kognitif C1 – C6 dan teori model pembelajaran team games tournament. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 58 Jakarta yang berjumlah 50 siswa yang teridiri dari 25 siswa di kelas kontrol dan 25 siswa di kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tahap pra (sebelum) eksperimen, tahap treatmen (perlakuan), tahap pasca (setelah) eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Normalitas, Homogenitas, N-Gain, dan Independent Sample T Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perubahan yang signifikan Dengan penggunaan model pembelajaran TGT, dimana pada tahap akhir uji Independent Sample T Test kelas pada kontrol dan kelas ekspermen nilai signifikansinya 0,004 < 0,05. Akan tetapi pada uji N-Gain perubahan yang signifikan tersebut ternyata hanya berada pada taraf sedang atau dapat diartikan kurang berpengaruh. Hal tersebut dapat dilihat pada peningkatan kelas eksperimen nilai rata-rata normal gain mengalami peningkatan 0,38. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Team Games Tournament, Hasil Belajar ABSTRACT Betanda Fazri AL-Ayubhy, The Influence of the Team Games Tournament Learning Model to Improve Learning Outcomes in Wali Songo Material for Class X Students of SMA Negeri 58 Jakarta. The number of students who do not understand Walisongo material is because the learning model used is deemed inappropriate, causing low student learning outcomes. Therefore this study aims to obtain empirical data about whether there is a significant change when using the cooperative learning modelTeam Games Tournament (TGT) on learning outcomes in the cognitive domain in the wali songo material. The theory used in this study is the theory of learning outcomes of Bloom's taxonomy in the C1 – C6 cognitive domain and the theory of learning models for team games tournaments. The method used in this study is a quantitative method with a quasi-experimental approach. The sample used in this research was SMA Negeri 58 Jakarta, which consisted of 50 students consisting of 25 students in the control class and 25 students in the experimental class. The data collection technique used was the pre-experimental stage, stages treatment (treatment), post (after) experimental stage. The data analysis technique used to test the hypothesis is the Normality, Homogeneity, N-Gain, and TestIndependent Sample T Test. The results of this study indicate that there are significant changes with the use of the TGT learning model, which is at the final stage uji Independent Sample T Test the control class and the experimental class had a significance value of 0.004 <0.05. However, in the N- Gain test, these significant changes were only at a moderate level or could be interpreted as having less effect. This can be seen in the increase in the experimental class, the average value of normal gain has increased by 0.38. Keywords : Learning Model, Team Games Tournament, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Abdul Fadhil, M.Ag. 2). Dr. Muhamad Ridwan Effendi, S.Pd.I., M.Ud.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 19394 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:48
Last Modified: 06 Sep 2023 02:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41246

Actions (login required)

View Item View Item