PERBEDAAN EMPLOYABILITY ANTARA PESERTA DIDIK YANG SUDAH MENGIKUTI PKL DAN BELUM PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI KOTA SUKABUMI

AZKIA QONITA, . (2023) PERBEDAAN EMPLOYABILITY ANTARA PESERTA DIDIK YANG SUDAH MENGIKUTI PKL DAN BELUM PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI KOTA SUKABUMI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (931kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi perbedaan employability antara peserta didik yang sudah mengikuti PKL dan belum pada peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Sukabumi sebanyak tiga sekolah, yaitu SMKN 1 Kota Sukabumi, SMKN 2 Kota Sukabumi dan SMKN 3 Kota Sukabumi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK yang yang sudah dan belum mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang berjumlah 391 subjek. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala employability yang terdiri dari 33 item dengan koefisien reliabilitas sebesar 0.892. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji beda untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara employability peserta didik yang sudah mengikuti PKL dan belum pada peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Sukabumi. Secara keseluruhan, penelitian memperoleh skor rata-rata employability 91,6 dari skor maksimum 132 dan berada pada kategori sedang. Hasil data peserta didik yang sudah melaksanakan PKL berada pada kategori sedang, skor rata-rata yang didapatkan yaitu 92,3 dengan standar deviasi 14,55 dan peserta didik yang belum melaksanakan PKL juga dalam kategori sedang dan mendapatkan rata-rata sebesar 90,3 dengan standar deviasi 14,4. Hasil yang didapatkan oleh peserta didik yang sudah melaksanakan PKL lebih tinggi dari peserta didik yang belum melaksanakan PKL. Kemudian, setelah dilakukan uji beda penelitian ini mendapatkan hasil nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,184. Maka, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang sudah melaksanakan PKL dan peserta didik yang belum melaksanakan PKL. ***** This study aims to investigate differences in employability between students who have attended Professional Placement and who have not among Vocational High School (Sekolah Menengah Kejuruan/SMK) students in Sukabumi City. The subjects in this study were Vocational High School students who had and had not attended Professional Placement (Praktik Kerja Lapangan/PKL), totaling 391 subjects. The data collection tool in this study was the employability scale which consisted of 33 items with a reliability coefficient of 0.892. The data analysis technique in this study used a different test to find out whether there was a significant difference between the employability of students who attended Professional Placement and not at Vocational High School (Sekolah Menengah Kejuruan/SMK) in Sukabumi City. Overall, the study obtained an average employability score of 91.6 out of a maximum score of 132 and is in the medium category. The results show that students who have attended Professional Placement are in the medium category, the average score obtained is 92.3 with a standard deviation of 14.55 and students who have not attended Professional Placement are also in the medium category and get an average of 90.3 with standard deviation 14.4. The results obtained by students who have attended Professional Placement are higher than students who have not attended Professional Placement. Then, this study obtained a significant value (2-tailed) of 0.184. So there is no significant difference between students who have attended Professional Placement and students who have not attended Professional Placement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi, Ph.D. ; 2). Dr. Aip Badrujaman, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 20119 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:39
Last Modified: 08 Sep 2023 04:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41258

Actions (login required)

View Item View Item