HUBUNGAN KESADARAN METAKOGNITIF DAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

HANIFIA RIZKY, . (2020) HUBUNGAN KESADARAN METAKOGNITIF DAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (853kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar merupakan hal yang penting bagi peserta didik untuk memahami suatu materi pelajaran, khususnya pelajaran IPA-biologi pada materi sistem ekskresi. Pemahaman materi pelajaran akan menjadi kendala jika peserta didik kurang memiliki motivasi belajar. Kurangnya motivasi belajar tersebut, dapat dipengaruhi oleh kesadaran metakognitif dan berpikir kritis peserta didik, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesadaran metakognitif dan kemampuan berpikir kritis dengan motivasi belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasional. Sampel yang digunakan adalah 95 peserta didik, kelas IX di MTsN 24 Jakarta Timur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang negatif antara kesadaran metakognitif dengan motivasi belajar, terdapat hubungan yang positif antara berpikir kritis dengan motivasi belajar, dan terdapat hubungan antara kesadaran metakognitif dan berpikir kritis secara bersama-sama dengan motivasi belajar peserta didik, sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor kesadaran metakognitif dan berpikir kritis perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. ABSTRACT Motivation to learn is important for students to understand a subject matter, especially science-biology lessons on excretory system material. Understanding subject matter will be an obstacle if students lack motivation to learn. The lack of learning motivation, can be influenced by metacognitive awareness and critical thinking of students, so this study aims to determine the relationship between metacognitive awareness and critical thinking skills with students' learning motivation on excretory system material. This research uses descriptive method with correlational approach. The sample used was 95 students, class IX in MTsN 24 East Jakarta. The results showed there was a negative relationship between metacognitive awareness and learning motivation, there is a positive relationship between critical thinking and learning motivation, and there is a relationship between metacognitive awareness and critical thinking together with students' learning motivation, so it can be concluded that the factors Metacognitive awareness and critical thinking need to be considered to increase students' learning motivation.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Dalia Sukmawati, M.Si. ; 2). Dr. Rusdi, M.Biomed
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 26 Mar 2020 16:34
Last Modified: 12 Jun 2020 10:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4126

Actions (login required)

View Item View Item