Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Melatih Kemampuan Membaca Nyaring di Kelas II Sekolah Dasar

MAIKA LESTARI, . (2023) Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Melatih Kemampuan Membaca Nyaring di Kelas II Sekolah Dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN (4)-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pembelajaran membaca menjadi hal yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan menciptakan suasana belajar yang bermakna khususnya pada pembelajaran membaca nyaring. Bahan bacaan dengan memanfaatkan teknologi dipublikasi secara digital menggunakan perangkat elektronik dengan jaringan internet sehingga mudah diakses dalam pembelajaran tatap muka maupun daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan bacaan berupa buku cerita bergambar digital untuk melatih kemampuan membaca nyaring di kelas II sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu model pengembangan Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga fase, yaitu analisis kebutuhan (needs assessment), perancangan (design) dan pengembangan dan implementasi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Validasi produk dilakukan oleh tiga ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil validasi memperoleh nilai persentase sebesar 98% dari ahli materi dengan kategori sangat baik, 90% dari ahli media dengan kategori sangat baik, dan 98% dari ahli bahasa dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba pengguna dilakukan di SDN Beji 1 Depok dengan tiga tahap, yaitu uji coba satu-satu memperoleh nilai sebesar 90% kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil memperoleh nilai sebesar 88% kategori sangat baik, dan uji coba lapangan dengan nilai sebesar 86% kategori sangat baik. Hasil pretest dan posttest dengan analisis N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,08 menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan membaca nyaring peserta didik. ***** The utilisation of technology in reading learning activities is needed to achieve learning objectives and create a meaningful learning atmosphere, especially in reading aloud learning. Reading materials by utilising technology are published digitally using electronic devices with internet networks so that they are easily accessible in face-to-face and online learning. This research aims to develop reading materials in the form of digital picture storybooks in training the ability to read aloud in grade II elementary school. This type of research is research and development that refers to the Hannafin and Peck development model which consists of three phases, namely needs assessment, design and development and implementation. Data collection was done by observation, interview and questionnaire. Product validation was carried out by three experts consisting of material experts, media experts, and linguists. The validation results obtained a percentage value of 98% from material experts in the very good category, 90% from media experts in the very good category, and 98% from language experts in the very good category. The results of user trials were conducted at SDN Beji 1 Depok with three stages, namely one-on-one trials obtained a score of 90% in the excellent category, small group trials obtained a score of 88% in the excellent category, and field trials with a score of 86% in the excellent category. The results of the pretest and posttest with N-Gain analysis obtained a value of 0.08 indicating an increase in students’ ability to read aloud

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd.; 2). Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 20061 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:31
Last Modified: 05 Sep 2023 06:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41338

Actions (login required)

View Item View Item