PENERAPAN E-MODUL PADA MATERI LANDASAN TEORI DALAM MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

MUHAMAD RAAFI AZHAR, . (2023) PENERAPAN E-MODUL PADA MATERI LANDASAN TEORI DALAM MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy

Abstract

Pada masa perkembangan teknologi seperti sekarang ini, masyarakat sudah banyak yang mulai terbiasa menggunakan teknologi untuk mencari suatu hal secara online lewat gadget masing-masing dan mahasiswa juga saat ini sudah terbiasa menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman mahasiswa Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan terhadap materi Landasan Teori dalam mata kuliah Metodologi Penelitian menggunakan e-modul, dan bisa menjadi evaluasi untuk dosen pengampu apakah e-modul tersebut sudah efektif untuk digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Metodologi Penelitian. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design One Group Pretest – Posttest. Sebelum perlakuan mahasiswa diberikan pretest dan setelah diberikan perlakuan e-modul mahasiswa akan diberikan posttest yang berjumlah 20 soal, analisis peningkatan hasil belajar dianalisis menggunakan rumus Normalized Gain Score (N-Gain). Terdapat pengaruh yang cukup signifikan setelah melakukan pembelajaran menggunakan e-modul berbasis aplikasi Flip PDF dalam hasil pembelajaran mata kuliah materi landasan teori landasan teori metodologi penelitian pada mahasiswa angkatan 2022. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji menggunakan rumus normalized gain score (N-Gain) mendapat hasil 0,76, diperoleh G > 0,7. Artinya terdapat kenaikan signifikan antara skor sebelum dan sesudah menggunakan e-modul Flip PDF dan media pembelajaran Flip PDF layak untuk digunakan dalam mata kuliah metodologi penelitian program studi pendidikan teknik bangunan universitas negeri jakarta. ***** At this time of technological development, many people are getting used to using technology to search for things online through their respective gadgets and students are also now accustomed to using technology in the learning process. The purpose of this study was to determine the increase in understanding of students at the Jakarta State University Building Engineering Education Study Program regarding the Theory Foundation material in the Research Methodology course using e-modules, and can be used as an evaluation for supporting lecturers whether the e-module is effective for use in teaching subjects Research Methodology course. In this study, the Design One Group Pretest – Posttest was used. Prior to the treatment students were given a pretest and after being given the e-module treatment students were given a posttest which totaled 20 questions. Analysis of the increase in learning outcomes was analyzed using the Normalized Gain Score (N-Gain) formula. A significant effect after learning using the Flip PDF application-based e�module in the learning outcomes of the theoretical basis of the theory of research methodology course material for class 2022 students. This is evidenced by the results of the test using the normalized gain score (N-Gain) formula. 0.76, obtained G > 0.7. This means that there is a significant increase between the scores before and after using the Flip PDF e-module and Flip PDF learning media suitable for use in research methodology courses in the building engineering education study program, Jakarta State University.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). R. Eka Murtinugraha, M.Pd. ; 2). Drs. Rosmawita Saleh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 19725 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2023 00:29
Last Modified: 08 Sep 2023 00:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41417

Actions (login required)

View Item View Item