POLA INTERAKSI SOSIAL DALAM TOLERANSI PESERTA DIDIK DI JAKARTA (STUDI KUALITATIF DI SMP NEGERI 198 JAKARTA)

VEMY WULANDARI ALVIOLETA UNO, . (2023) POLA INTERAKSI SOSIAL DALAM TOLERANSI PESERTA DIDIK DI JAKARTA (STUDI KUALITATIF DI SMP NEGERI 198 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Vemy Wulandari Alvioleta Uno. Pola Interaksi Sosial Dalam Toleransi Peserta Didik Di Jakarta (Studi Kualitatif Di Smpn 198 Jakarta). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pola interaksi sosial dalam toleransi dari peserta didik. Bagaimana interaksi sosial dapat mengembangkan toleransi serta membangun lingkungan yang inklusif. Sekolah sebagai tempat memberikan pendidikan formal kepada individu dengan kurikulum, tenaga pendidik, lingkungan belajar, serta pembentukan karakter memberikan gambaran bagaimana pentingnya peran sekolah memberikan pendidikan menyeluruh untuk pengembangan karakter, keterampilan sosial, dan akademik mereka. Begitu pun dalam mengatasi berbagai permasalahan intoleransi, pendidikan dapat dijadikan sebagai media utamanya. Metode penelitian yang digunakan merupakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif, karena memungkinkan untuk dapat mendeskripsikan hasil penelitian dengan apa adanya dan mengandung makna. Adapun jumlah partisipan pada penelitian ini adalah 11 orang yang terdiri atas peserta didik, guru mata pelajaran, wali kelas, dan kepala sekolah di SMPN 198 Jakarta. Teknik pengumpulan data berupa observasi di sekolah, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan jika terdapat dua pola interaksi sosial peserta didik yaitu yang bersifat asosiatif atau yang mengarah pada persatuan dan kerja sama, adapun yang bersifat disosiatif atau yang mengarah pada perselisihan. Sedangkan untuk toleransi peserta didik telah berjalan dengan baik di mana mereka menunjukan perwujudan dari tiga indikator karakter toleransi seperti menjadikan kedamaian sebagai tujuan, menghargai perbedaan, dan memiliki kesadaran terhadap pengetahua dan pemahaman toleransi. Kesimpulannya adalah interaksi sosial yang terjalin dengan baik akan memberikan dampak positif terhadap individu dan lingkungannya. Kata Kunci : Pola, Interaksi sosial, Toleransi, Sekolah, Peserta Didik Abstract Vemy Wulandari Alvioleta Uno. Patterns of Social Interaction in Tolerance of Students in Jakarta (Qualitative Study at SMPN 198 Jakarta). Thesis. Jakarta: Pancasila and Citizenship Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2023. The purpose of this study was to find out about the patterns of social interaction and tolerance of students. How social interaction can develop tolerance and build an inclusive environment School as a place to provide formal education to individuals with a curriculum, teaching staff, learning environment, and character formation illustrates how important the role of schools is in providing comprehensive education for the development of their character, social skills, and academics. Likewise, in overcoming various problems of intolerance, education can be used as the main medium. The research method used is descriptive with a qualitative approach because it allows us to describe the research results as they are and as they contain meaning. The number of participants in this study was 11, consisting of students, subject teachers, homeroom teachers, and school principals at SMPN 198 Jakarta. Data collection techniques include observations at school, interviews, and documentation. The results of this study indicate that there are two patterns of social interaction among students, namely those that are associative or lead to unity and cooperation, and those that are dissociative or lead to disputes. Whereas for tolerance, students have gone well where they have shown the embodiment of the three indicators of tolerance characters, such as making peace a goal, respecting differences, and having an awareness of knowledge and understanding of tolerance. The conclusion is that social interaction that is well established will have a positive impact on individuals and their environment. Keywords: Pattern, Social Interaction, Tolerance, School, Students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Asep Rudi Casmana S.Pd., MA. 2). Dr. Yasnita Yasin, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Sosiologi
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 20247 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:19
Last Modified: 06 Sep 2023 04:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41426

Actions (login required)

View Item View Item