ANALISIS MOTIVASI ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH KEPENDIDIKAN (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN)

MAUDI AGUSTIANI, . (2023) ANALISIS MOTIVASI ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH KEPENDIDIKAN (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (992kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian dana pengembangan yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi ARCS terhadap hasil belajar pada mata kuliah Kependidikan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 204 mahasiswa dengan jumlah sampel 67 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kuesioner diuji oleh dua ahli uji. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa empat (4) elemen motivasi ARCS yaitu Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction memiliki jumlah presentase 84,57% dengan kriteria tinggi dengan skor 85,14% pada indikator Attention, 87,06% pada indikator Relevance, 81,87% pada indikator Confidence dan 84,21% pada indikator Satisfaction. Dari empat (4) aspek tersebut diperoleh skor tertinggi yaitu 97,78%, skor terendah yaitu 57,78%, nilai tengah sebesar 85,56%, rata-rata skor 77% dan standar deviasi adalah 6.6. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara motivasi ARCS dengan hasil belajar mahasiswa berdasarkan hasil kuesioner mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa. ***** This research is a type of development fund research that aims to analyze the effect of ARCS motivation on learning outcomes in Education courses in the Building Engineering Education Study Program (PTB). This research is a descriptive research using survey method. The population of this study were undergraduate students of the Building Engineering Education study program in the even semester of the 2022/2023 academic year totaling 204 students with a sample size of 67 students. The sampling technique used was simple random sampling. Data collection using a questionnaire. The questionnaire was tested by two test experts. The results of this study indicate that the four (4) elements of ARCS motivation, namely Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction have a total percentage of 84.57% with high criteria with a score of 85.14% on the Attention indicator, 87.06% on the Relevance indicator, 81.87% on the Confidence indicator and 84.21% on the Satisfaction indicator. Of the four (4) aspects, the highest score is 97.78%, the lowest score is 57.78%, the median score is 85.56%, the average score is 77% and the standard deviation is 6.6. So it can be concluded that there is an influence between ARCS motivation and student learning outcomes based on the results of student questionnaires with student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Tuti Iriani, M.Si. ; 2). Anisah, M.T.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 19661 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:24
Last Modified: 06 Sep 2023 07:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41430

Actions (login required)

View Item View Item