PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

IFFAH KARIMAH SANUSI, . (2023) PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (954kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat berwirausaha di kalangan mahasiswa perguruan tinggi negeri di Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dengan populasi terjangkaunya pada Angkatan 2019. Berdasarkan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan sebesar 5%, didapatkan sampel sejumlah 205 responden. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode survey dengan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. Untuk pengolahan data, penelitian ini menggunakan kuesioner type form dengan pengukuran skala likert 1 – 5. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tools pada program aplikasi statistika yaitu Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 26.0.0. Teknik analisis data yang dilakukan dimulai dari analisis deskriptif, uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji linearitas), uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas), uji regresi linear berganda, uji hipotesis (Uji T dan Uji F) dan analisis koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel pengetahuan kewirausahaan dan media sosial terhadap variabel minat berwirausaha secara bersama-sama yang dilihat dari hasil Uji F dimana F hitung 13,217 > F tabel 3,04. Semakin tinggi pengetahuan kewirausahaan dan tingkat penggunaan media sosial pada mahasiswa maka akan semakin meningkat pula minat berwirausaha pada mahasiswa. *****This research is motivated by the low interest in entrepreneurship among students of state universities in Jakarta. The aim of this study is to determine the influence of entrepreneurial knowledge and social media on the entrepreneurial interest of students at the Faculty of Economics, Universitas Negeri Jakarta. The population for this research consists of students from the Faculty of Economics, Universitas Negeri Jakarta, from the 2019 academic year. Using the Slovin formula with a 5% margin of error, a sample size of 205 respondents was obtained. This quantitative research utilized a survey method with a questionnaire as the data collection instrument. The data processing involved using the Typeform questionnaire with a Likert scale ranging from 1 to 5. The collected data were analyzed using the Statistical Product and Service Solutions (SPSS) software version 26.0.0. The data analysis techniques included descriptive analysis, prerequisite analysis (normality test and linearity test), classical assumption tests (multicollinearity test and heteroskedasticity test), multiple linear regression analysis, hypothesis testing (T-test and F-test), and coefficient of determination analysis. The results of this study indicate that there is a positive and significant influence of entrepreneurial knowledge and social media variables on entrepreneurial interest when considered together, as evidenced by the F-test results where F count 13.217 > F table 3.04. The higher of entrepreneurial knowledge and the use of social media in college students, the interest in entrepreneurship will also increase in college students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Henry Eryanto, M.M. ; 2). Rizki Firdausi Rachmadania, SE., M.SM
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 20206 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:42
Last Modified: 06 Sep 2023 02:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41434

Actions (login required)

View Item View Item